LHP Klungkung Adakan Pelatihan Pengolahan Sampah Plastik, Ajak Pelajar Jaga Lingkungan

- 25 September 2022, 20:04 WIB
Organisasi Pemuda Indonesia dan Dinas LHP Klungkung mengadakan Pelatihan Pengolahan Sampah Plasti untuk pelajar SMA/SMK se-Klungkung.
Organisasi Pemuda Indonesia dan Dinas LHP Klungkung mengadakan Pelatihan Pengolahan Sampah Plasti untuk pelajar SMA/SMK se-Klungkung. /Humas Pemkab Klungkung

RINGTIMES BALI – Dua organisasi pemuda Indonesia bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (LHP) Klungkung mengadakan Pelatihan Pengolahan Sampah Plastik untuk pelajar SMA/SMK se-Klungkung, Sabtu, 24 September 2022.

Pelatihan yang digagas oleh Pemuda Demokrasi Indonesia dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) tersebut diadakan untuk membangun kesadaran masyarakat, khususnya para pelajar di Klungkung untuk bisa menjaga lingkungan. 

Pada kesempatan itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membuka sekaligus menjadi narasumber dalam acara pelatihan yang diadakan di TOSS Center Karangdadi, Kusamba, Kecamatan Dawan.

Baca Juga: Dukung Ketahanan Pangan di Kota Denpasar, LPM Fun Week Gandeng Bulog dan PKK Desa

Dia menceritakan sejarah awal dipilihnya teknologi TOSS Center yang saat ini telah menjadi role model nasional dalam pengolahan sampah.

Dengan teknologi TOSS Center, sampah mampu diolah menjadi briket bahan bakar hingga pupuk organik.

Namun tidak bisa dipungkiri teknologi TOSS Center masih belum bisa benar-benar membuat Klungkung menjadi bersih, karena masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam memilah dan membuang sampah pada tempatnya.

"Kuncinya adalah kesadaran dan niat yang tulus dari diri sendiri untuk menjaga lingkungan dan harus dilakukan secara konsisten,” kata Bupati Suwirta, dikutip dari Humas Pemkab Klungkung, Minggu, 25 September 2022.

Baca Juga: Mendag Zulhas Paparkan Enam Capaian Konkret dari TIIMM G20

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline

Sumber: Humas Pemkab Klungkung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x