Siswa SMP Widiatmika Ciptakan Pewarna Alami Batik Ikat dari Daun Jati dan Bunga Telang

- 28 Agustus 2022, 12:55 WIB
Tiga siswa SMP Widiatmika ciptakan pewarna alami batik ikat yang berbahan dasar dari daun jati dan bunga telang.
Tiga siswa SMP Widiatmika ciptakan pewarna alami batik ikat yang berbahan dasar dari daun jati dan bunga telang. /Ringtimes Bali/Raka Bagus/

RINGTIMES BALI – Acara Badung Education Fair yang dilaksanakan pada, 25 Agustus 2022, menghadirkan banyak karya siswa yang ramah lingkungan dari beberapa sekolah, salah satunya SMP Widiatmika.

Pada acara Badung Education Fair, siswa SMP Widiatmika mempersembahkan sebuah pewarna alami untuk batik ikat yang terbuat dari daun jati dan bunga telang.

Melatar belakangi membuat pewarna alami untuk batik ikat karena souvenir-souvenir atau oleh-oleh, pada umumnya menggunakan pewarna buatan yang mengandalkan bahan kimia.

Baca Juga: Teater Keliling Tampilkan Drama Musikal Calonarang di 5 Kota Indonesia, Capai 2.000 Penonton

Kebetulan juga di sekitaran sekolah SMP Widiatmika terdapat cukup banyak pohon jati yang bisa diambil daunnya, begitupun dengan bunga telang.

“Kebetulan aja, di sekitar sekolah kami ada banyak daun jati dan bunga telang. Jadi, kita coba-coba membuat pewarna alami dari dua bahan tersebut,” ujar Jehuda Narol Hein Pao selaku siswa SMP Widiatmika saat diwawancarai oleh Tim Ringtimes Bali, Kamis, 25 Agustus 2022.

Dari percobaan tersebut telah menghasilkan dua warna berbeda, baik dari bahan dasar daun jati maupun bunga telang.

Baca Juga: Terjadi Kebakaran di Jalan Wibisana Denpasar Barat, Kerugian Capai Ratusan Juta

“Perwarna dari daun jati menghasilkan warna merah keunguan, sedangkan bunga telang menghasilkan warna biru muda,” katanya.

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x