Peringati Hari Tumpek Uye, Bupati Suwirta Pimpin Aksi Bersih-bersih Sampah Plastik dan Pelepasan Tukik

- 27 Agustus 2022, 11:10 WIB
Dalam rangka memperingati Hari Tumpek Uye, Bupati Suwirta memimpin kegiatan bersih-bersih sampah plasti dan pelepasan tukik.
Dalam rangka memperingati Hari Tumpek Uye, Bupati Suwirta memimpin kegiatan bersih-bersih sampah plasti dan pelepasan tukik. /Instagram/@klungkung_gemasanti

RINGTIMES BALI – I Nyoman Suwirta selaku Bupati Klungkung memimpin kegiatan bersih-bersih sampah plastik dan pelepasan tukik serangkaian peringatan Hari Tumpek Uye, Saniscara Kliwon Uye, di Pantai Tegal Besar, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Jumat, 26 Agustus 2022.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Suwirta tidak henti-hentinya mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.

Baca Juga: Festival Dewi Klungkung Culinary Resmi Dibuka, Bupati Suwirta Ajak Masyarakat Majukan Kuliner Lokal

Dia juga menghimbau agar sampah dapat dipilah langsung dari rumah seperti memisahkan antara sampah organik dan anorganik.

"Masyarakat yang tinggal di hulu pantai janganlah membuang sampah di sungai ataupun saluran air got, karena sampah tersebut dapat mencemari lingkungan dan kebersihan pantai," ujar Bupati Suwirta, dikutip dari Humas Pemkab Klungkung, Sabtu, 27 Agustus 2022.

Baca Juga: Delegasi MCWE G20 Kunjungi Desa Wisata Penglipuran Bangli

Serangkaian peringatan Hari Tumpek Uye, Saniscara Kliwon Uye, Bupati Suwirta juga melepas tukik di Pantai Tegal Besae sebanyak 150 ekor sebagai bentuk pemuliaan wawalungan (hewan).

Hari Tumpek Uye atau biasa disebut Tumpek Kandang dirayakan setiap enam bulan sekali (210 hari)  atau sesuai dengan penanggalan kalender bali jatuh pada setiap hari Saniscara Kliwon Uye.

Baca Juga: Seorang Pria Jadi Korban Pemukulan Orang Tak Dikenal di Jalan Diponegoro Denpasar

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline

Sumber: Humas Pemkab Klungkung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x