Desa Adat Pemogan Laksanakan Upacara Ngaben Massal, Diikuti Sebanyak 144 Sawa

- 11 Agustus 2022, 16:00 WIB
Desa Adat Pemogan laksanakan Ngaben masal yang diamankan personel Polsek Denpasar Selatan beserta aparat terkait lainnya.
Desa Adat Pemogan laksanakan Ngaben masal yang diamankan personel Polsek Denpasar Selatan beserta aparat terkait lainnya. /Humas Polresta Denpasar

RINGTIMES BALI – Pada Rabu, 10 Agustus 2022 siang telah dilaksanakan Upacara Manusa Yadnya dan Pitra Yadnya yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Adat Pemogan, Denpasar.

Upacara ini berupa Ngaben massal yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Adat Pemogan dengan menggandeng LPD Desa Adat Pemogan.

Rangkaian kegiatan upacara Ngaben massal di Desa Adat Pemogan itu diikuti sebanyak 144 sawa.

Acara tersebut dimulai sejak dini hari dengan Upacara Ngendag Tempat Setra (kuburan masing-masing) dengan Pamuput Jro Mangku Lan Pamilet.

Baca Juga: Kapolsek Sidemen Pimpin Langsung Pengamanan Upacara Ngaben di Banjar Tengah, Karangasem

Lalu upacara dilanjutkan dengan Mepamit di Merajan masing-masing dan Nuur Tirta Pamuput Pengabenan bertempat di Pura Khayangan Tiga dengan Pamuput Jro Mangku Khayangan Tiga.

Pada pukul 12.00 Wita sebanyak 144 sawa dengan diikuti keluarga masing-masing mengarah ke Kuburan Setra Gede Pemogan, Jalan Imam Bonjol Denpasar, untuk melaksanakan upacara pengabenan.

Upacara pengabenan ini pun diiringi dengan Sekaha Angklung, Sekaha Kidung, Sekaha Bale Ganjur dan Panitia beserta Pamilet Pengabenan.

Baca Juga: Bupati Sedana Arta Serahkan Bantuan kepada Sejumlah Desa Adat yang Laksanakan Ngaben Masal di Bangli

Untuk memastikan keamanan dan kelancaran kegiatan tersebut personel Polsek Denpasar Selatan bersama Bhabinkamtibmas Desa Adat Pemogan berkolaborasi dengan Pecalang melakukan pengaturan disimpang-simpang jalan untuk mengalihkan arus lalu lintas yang sempat tersendat.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah