Pastikan Progam Atma Kerthi Berjalan Baik, Pemkab Karangasem Hadiri Upacara Ngaben di Kecamatan Manggis

- 29 Juli 2022, 08:23 WIB
Pemerintah Kabupaten Karangasem turun langsung ke masyarakat yang melaksanakan upacara Ngaben pastikan program Atma Kerthi berjalan baik.
Pemerintah Kabupaten Karangasem turun langsung ke masyarakat yang melaksanakan upacara Ngaben pastikan program Atma Kerthi berjalan baik. /ANTARA/HO-Pemkab Karangasem

RINGTIMES BALI – Sebulan terakhir, Pemerintah Kabupaten Karangasem turun langsung ke masyarakat yang melaksanakan upacara Pitra Yadnya (Ngaben) massal demi memastikan program Atma Kerthi yang sudah dibuat dapat berjalan dengan baik.

Dalam keterengan tertulis, I Gede Dana selaku Bupati Karangasem mengatakan bahwa selama sebulan terakhir dia bersama I Wayan Artha Dipa selaku Wakil Bupati Karangasem berusaha untuk hadir dalam upacara Pitra Yadnya yang dilaksanakan oleh masing-masing dadia (pura keluarga).

Program Atma Kerthi adalah satu dari enam inovasi yang digagas oleh Bupati Karangasem sebagai upaya pendekatan, percepatan serta mempermudah pelayanan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Karangasem.

Baca Juga: Pemkot Denpasar Galakkan PSN 3 M Plus Antisipasi Lonjakan DBD

Program tersebut juga ditujukan sebagai media untuk memberikan penghargaan kepada masyarakat yang aktif melapor dan mengurus akta kematian saudara atau keluarga mereka.

Pola kerja program tersebut berupa pelayanan administrasi kependudukan yang merupakan tindak lanjut program nasional sebagai pemenuhan kewajiban negara bagi masyarakat.

Berdasarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 2006, pasal 44 disebutkan pelaporan kematian yang wajib disampaikan kepada instansi pelaksana setempat paling lambat 30 hari kalender sejak tanggal kematian.

Bagi masyarakat yang sudah mengurus akta kematian keluarganya yang telah meninggal, akan diberikan penghargaan berupa uang sebesar Rp1 juta dengan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan sesuai Peraturan Bupati No. 58 Tahun 2021.

Baca Juga: Ps Kanit 2 Binmas dan Bhabinkamtibmas Desa Antap Pantau Vaksinasi Ternak Antisipasi PMK

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline

Sumber: Antara Bali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah