Pelaku Usaha Baju Lokal Sambut Baik Pendaftaran HAKI Gratis dari Pemprov Bali

- 4 Agustus 2022, 21:31 WIB
Pelaku usaha baju lokal sambut baik pendaftaran HAKI gratis dari Pemprov Bali.
Pelaku usaha baju lokal sambut baik pendaftaran HAKI gratis dari Pemprov Bali. /ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari

RINGTIMES BALI - Pemprov Bali berikan pendaftaran Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) secara gratis kepada pengusaha lokal menjelang digelarnya Paradise Island Clothing Association (PICA) Festival.

Hal tersebut sesuai dengan pernyataan yang diberikan oleh I Gusti Made Febri Iswana selaku humas PICA Fest yang menyampaikan keresahan dengan 'pencomotan' hak cipta.

Dan hal tersebut ditemui diberbagai toko online seperti shopee maupun tokopedia, bahkan di dagang-dagang pasar malam, ada desain baju yang sama dengan pemilik aslinya.

Tapi karena tidak ada HAKI, dari pihak pemilik aslinya tidak bisa mengklaim kalau itu miliknya karena tidak ada buktinya.

Baca Juga: Suasana Pica Fest 4 Agustus 2022, Terpantau Banyak Pengunjung yang Datang

“Saat akan dilaksanakannya PICA Fest ini, saya curhat tentang rekan-rekan pemilik toko baju yang desainnya di ambil dan diperjual belikan dengan harga murah kepada pemerintah,” ucap Febri.

Dalam pernyataannya dia memberikan contoh beberapa brand lokal yang desainnya diambil oleh pihak lain, kemudian diperjual belikan.

“Salah satu brand lokal yang diambil desainnya itu Mayhem. Desain bajunya ada dimana-mana seperti di shoppe bahkan di dagang pasar malam juga sering ditemui,” jelasnya.

Karena itulah, pihak Pemprov Bali dengan senang hati membantu usaha baju lokal untuk mendaftarkan HAKI secara gratis kepada pelaku usaha lokal agar kejadian seperti itu tidak terulang kembali.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x