Walikota Denpasar Jaya Negara Nyangging Massal di Desa Adat Pedungan

- 26 Juli 2022, 20:42 WIB
Walikota Denpasar Jaya Negara nyangging massal di Desa Adat Pedungan pada Selasa, 26 Juli 2022
Walikota Denpasar Jaya Negara nyangging massal di Desa Adat Pedungan pada Selasa, 26 Juli 2022 /Dok. Humas Pemkot Denpasar

RINGTIMES BALI - Bertepatan Anggara Pon Merakih pada Selasa, 26 Juli 2022,  Desa Adat Pedungan, Kecamatan Denpasar Selatan bersinergi dengan LPD Desa Adat Pedungan menggelar upacara Maligia Punggel dan Mepandes massal di Balai Adat Pura Dalem Penataran Anyar Pedungan. 

Sejak pagi ratusan warga sudah memadati areal Bale Peyadnyan untuk mengikuti prosesi upacara Mepandes massal, yang mana dari prosesi upacara Mepandes massal ini ada yang menarik perhatian masyarakat.

Ada 20 Sangging yang akan bertugas Menatah (mengasah gigi para peserta) salah satunya yaitu Walikota Denpasar IGN Jaya Negara yang berkesempatan menjadi sangging.

Baca Juga: Wawali Arya Wibawa Hadiri Bali International Choir Festival ke-11 yang Digelar BNN RI

Anggota DPR RI Komisi XI I Gusti Agung Rai Wirajaya, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Sekda Kota Denpasar, IB. Alit Wiradana, dan tokoh setempat juga turut menghadiri kegiatan upacara tersebut.

Disela-sela upacara tersebut, Jaya Negara menjelaskan upacara potong gigi di Bali merupakan bagian dari upacara Manusa Yadnya.

Ia mengatakan, upacara ini merupakan konsep siklus hidup dari bayi di dalam kandungan, lahir, hingga perkawinan.

Baca Juga: Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya Resmi Buka TMMD ke-114 Kodim 1619

Manusa Yadnya merupakan bhakti dalam memanusiakan manusia, dimana upacara potong gigi di Bali dilakukan bukan tanpa makna.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x