Menkes RI: Vaksin Cacar Masih Efektif Lindungi Diri dari Monkeypox

- 26 Juli 2022, 17:16 WIB
Ilustrasi Menkes jelaskan vaksin cacar efektif cegah monkeypox.
Ilustrasi Menkes jelaskan vaksin cacar efektif cegah monkeypox. /PIXABAY/qimono

RINGTIMES BALI – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, vaksin cacar masih efektif memberikan perlindungan terhadap penerima manfaat dari risiko penularan virus cacar monyet atau monkeypox.

Menkes Budi menjelaskan, monkeypox masih satu genus dengan cacar smallpox.

“Jadi saya bilang ke para ahli, kalau kita pernah divaksin cacar pada tahun 1970an atau kelahiran seperti saya, yang lansia-lansia itu imunnya ada dan cacar beda dengan Covid-19 yang turun tiap enam bulan,” ucapnya dikutip dari Antara.

Baca Juga: Satpolairud Polres Badung Amankan Kegiatan Mapakelem di Kawasan Pura Dhang Khayangan Petitenget

Menkes Budi juga mengatakan bahwa vaksin cacar memiliki kemampuan melindungi penerima manfaat seumur hidup dan juga perawatannya sudah ada antivirusnya.

Ia mengatakan vaksin cacar menjadi salah satu dari tiga upaya Kemenkes dalam mengendalikan penyakit cacar monyet yang berpotensi mewabah di dunia.

Metode pengendalian penyakit tersebut saat ini telah menjangkit 16 ribu pasien di 75 negara tersebut, diterapkan di Indonesia melalui disiplin prokes, pemanfaatan alat polymerase chain reaction (PCR), hingga pengadaan obat-obatan.

Baca Juga: BKKBN Verifikasi Hasil Apresiasi PIK-R Percontohan Nasional di SMPN 2 Mengwi

Ia pun menuturkan bahwa WHO menyarankan hal serupa yaitu menjaga prokes, menjaga surveilans, dan menyiapkan vaksinasi serta pengobatannya.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x