Polsek Abang Amankan Nyepi Adat Desa Kesimpar Selaras dengan Program Sipandu Beradat

- 14 Juli 2022, 19:39 WIB
Polsek Abang amankan pelaksanaan Nyepi adat di Desa Kesimpar selaras dengan program Sipandu Beradat pukul 07.00-16.00 WITA, 14 Juli 2022.
Polsek Abang amankan pelaksanaan Nyepi adat di Desa Kesimpar selaras dengan program Sipandu Beradat pukul 07.00-16.00 WITA, 14 Juli 2022. /Instagram.com/@polreskarangasem.id

RINGTIMES BALI - Bhabinkamtibmas Polsek Abang Aiptu I Putu Mahardika bekerjasama dengan pecalang Desa Adat Kesimpar untuk melakukan penjagaan pelaksanaan Nyepi di desa adat demi keamanan dan ketertiban selaras program Sipandu Beradat.

Penjagaan serta pengamanan Nyepi oleh Polsek Abang tersebut dilakukan pada Kamis, 14 Juli 2022 sejak pagi hari.

Desa Adat Kesimpar mewilayahi 4 desa dinas, yaitu Desa Abang (kecuali dusun Tanah Aji), Desa Pidpid, Desa Nawekerti, dan Kesimpar yang melaksanakan Nyepi adat dari pukul 07.00 WITA hingga 16.00 WITA.

Baca Juga: Gedung Sentra Tenun Ditargetkan Jadi Pusat Oleh-oleh Jembrana Hasil UMKM

Sejumlah jalur yang memasuki wilayah tersebut ditutup untuk umum dan dijaga oleh pecalang desa adat demi ketertiban dalam pelaksanaan Nyepi, begitu juga warga desa adat kesimpar tidak boleh beraktivitas.

Bagi pengendara maupun masyarakat luar desa yang akan lewat, wewidangan Desa Adat Kesimpar diberikan pemahaman secara humanis terkait adanya pelaksanaan Nyepi adat.

Kapolsek Abang AKP I Kadek Suadnyana, S.H menyampaikan bahwa benar hari ini ada pelaksanaan Nyepi adat Desa Kesimpar dan telah bersurat ke Polsek Abang.

Baca Juga: Antisipasi Penyebaran PMK, Sat Binmas Polres Klungkung Cek Sapi di Kelompok Simantri Desa Takmung

"Dalam penjagaan Nyepi desa adat dikedepankan pecalang desa adat kesimpar selaras program Sipandu Beradat yang didampingi Bhabinkamtibmas wujudkan kelancaran dan ketertiban" katanya dikutip dari akun Instagram @polreskarangasem.id.

Sipandu Beradat merupakan Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat sesuai implementasi Perda Provinsi Bali No 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat Bali dan Pergub Bali No 26 Tahun 2020 tentang Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat.***

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah