Antisipasi Penyebaran PMK, Sat Binmas Polres Klungkung Cek Sapi di Kelompok Simantri Desa Takmung

- 14 Juli 2022, 18:52 WIB
Dalam rangka antisipasi penyebaran PMK, Sat Binmas Polres Klungkung dan anggota sambangi ternak sapi milik Kelompok Simantri Desa Takmung.
Dalam rangka antisipasi penyebaran PMK, Sat Binmas Polres Klungkung dan anggota sambangi ternak sapi milik Kelompok Simantri Desa Takmung. /Instagram.com/@humaspolresklungkung

RINGTIMES BALI – Dalam rangka mengantisipasi penyebaran PMK, Kasat Binmas Polres Klungkung Akp I Putu Wirawan didampingi Kanit Bhabinkamtibmas Iptu I Nyoman Sudiarta dan Kanit Bintibmas Aipda M Sujiono Ruzali mendatangi Kelompok Simantri Uma Desa 376 Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan.

Peninjauan oleh Sat Binmas Polres Klungkung dilakukan pada Kamis, 14 Juli 2022, dalam rangka mengantisipasi merebaknya Virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang dapat menyerang hewan ternak sapi.

Kasat Binmas beserta anggotanya mendatangi kelompok Simantri Uma Desa 376 Desa Takmung yang mempunyai 32 ekor sapi betina dan memastikan bahwa sapi-sapi itu dalam kondisi sehat dan tidak terpapar PMK.

Baca Juga: Desa Adat Intaran Gelar Aksi: Menolak Kriminal LNG di Mangrove Sanur

Kasat Binmas Polres Klungkung Akp I Putu Wirawan menyampaikan bahwa pihaknya melakukan kunjungan tersebut dalam rangka memeriksa secara langsung kondisi kesehatan sapi milik Kelompok Simantri 376 Uma Desa di Desa Takmung agar terhindar dari virus PMK.

Kasat Binmas menjelaskan bahwa PMK sangat berbahaya dan penularannya cepat kepada hewan yang berkuku belah, seperti sapi, kambing, domba, kuda, dan juga babi.

“Disamping itu juga bahwa penyakit mulut dan kuku ini menurut Kemenkes tidak menular kepada manusia, namun manusia dapat menjadi perantara berpindahnya penyakit tersebut kepada hewan ternak lainnya,” ucapnya dikutip dari akun Instagram @humaspolresklungkung.***

 

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x