Vokasi UI Kembangkan Desa Kenderan Gianyar Jadi Desa Wisata Pintar dan Hijau

- 14 Juli 2022, 15:45 WIB
Vokasi UI akan mengembangkan Desa Kenderan di Gianyar menjadi desa wisata yang mengusung konsep desa wisata pintar dan hijau.
Vokasi UI akan mengembangkan Desa Kenderan di Gianyar menjadi desa wisata yang mengusung konsep desa wisata pintar dan hijau. /ANTARA

RINGTIMES BALI - Vokasi Universitas Indonesia (UI) diketahui mengembangkan Desa Kenderan di Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali, sebagai desa wisata.

Vokasi UI mengembangkan Desa Kenderan dengan mengusung konsep, Greening Smart Tourism Village by Leveraging Circular Economy, atau penghijauan desa wisata pintar dengan memanfaatkan ekonomi sirkular.

Ketua Tim Pengabdi Masyarakat Vokasi Ul Hadining Kusumastuti, mengatakan pengembangan Desa Kenderan dilakukan dengan cara memberikan masyarakat Desa Kenderan edukasi mengenai pengelolaan sampah melalui pemisahan sampah plastik dan sampah organik.

Baca Juga: Dewa 19 Akan Tampil Bersama Ello di Uniflox Bali 20 Agustus 2022 Mendatang

Apalagi sampah organik diketahui dapat diolah menjadi pupuk kompos dengan memanfaatkan lubang biopori.

Hadining Kusumastuti, juga mengatakan wisata pintar dan hijau yang akan dikembangkan di Desa Kenderan, merupakan konsep untuk mendukung pembangunan berkelanjutan berbasis digital.

"Dalam konteks yang lebih luas dan holistik, green tourism menjadi salah satu konsep yang digunakan dalam pengembangan dan pengelolaan ekonomi sirkular," kata Ketua Tim Pengabdi Masyarakat Vokasi Ul dikutip dari laman antaranews.com.

Baca Juga: Snorkeling Murah di Tanjung Benoa, 100 Ribu Bisa Menikmati Keindahan Laut Bali

Ia juga menambahkan, bahwa konsep tersebut juga berfokus pada cara entitas bisnis menerapkan prinsip produksi berkelanjutan dalam rantai nilai pariwisata.

Hal ini guna menciptakan pengalaman wisata bersama wisatawan dan terintegrasi dalam sistem pariwisata yang mendukung kelestarian lingkungan.

Halaman:

Editor: Rian Ade Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x