Tampil di Pesta Kesenian Bali, Joged Bumbung Beri Edukasi Tari Sesuai Pakem

- 1 Juli 2022, 19:32 WIB
Joged Bumbung Sanggar Seni Eka Budaya tampil di Pesta Kesenian Bali.
Joged Bumbung Sanggar Seni Eka Budaya tampil di Pesta Kesenian Bali. /Instagram.com/@disbudprovbali

RINGTIMES BALI - Pesta Kesenian Bali atau yang biasa disingkat PKB ini banyak menyelenggarakan perlombaan hingga pergelaran seni. Salah satu pergelaran seni tersebut adalah Joged Bumbung.

Joged Bumbung menjadi salah satu penampilan yang ditunggu masyarakat di Pesta Kesenian Bali setiap tahunnya.

Salah satu penampilnya adalah Sanggar Seni Eka Satya Budaya dari Desa Kuwum, Kabupaten Tabanan, yang telah menampilkan pergelaran Joged Bumbung pada Kamis, 30 Juni 2022 lalu di Pesta Kesenian Bali.

Baca Juga: Juara 1 Lomba Peragaan Busana Pada PKB XLIV Disapu Bersih Duta Denpasar

Sanggar Seni Eka Satya Budaya ingin menunjukkan dan mengedukasi penonton di PKB ke-44 ini terkait tari Joged Bumbung yang harus ditarikan sesuai tradisi dan pakem.

“Kami ingin mengembalikan pakem Joged yang memang sudah diwariskan para pendahulu kita,” kata I Made Suanta  selaku Ketua Sanggar Seni Eka Satya Budaya, yang dikutip dari website baliprov.go.id.

Sanggar yang telah terbentuk sejak 2003 ini menampilkan lima penari Joged Bumbung. Kelima penari berparas ayu, dengan gerakan yang begitu lincah itu berhasil membius penonton yang memadati Kalangan Ayodya, Taman Werdhi Budaya Art Center.

Baca Juga: Gong Kebyar Kota Duta Denpasar Tampil Memukau dengan Amertaning Wimala Bhuana di PKB XLIV

Penonton pun bersorak-sorai ketika ada pengibing yang menampilkan gaya lucu atau ingin melakukan gerakan “nakal” kepada sang penari, namun dengan gesit berhasil ditangkis oleh penari Joged Bumbung.

Pada awal pementasan, kesempatan “mengibing” tidak diberikan kepada penonton, tetapi anggota Sanggar Seni Eka Satya Budaya yang langsung menjadi pengibing.

Halaman:

Editor: Rian Ade Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x