Gong Kebyar Kota Duta Denpasar Tampil Memukau dengan Amertaning Wimala Bhuana di PKB XLIV

- 27 Juni 2022, 15:08 WIB
Gong Kebyar Duta Kota Denpasar berhasil memukau penonton dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV melalui 'Amertaning Wimala Bhuana'.
Gong Kebyar Duta Kota Denpasar berhasil memukau penonton dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV melalui 'Amertaning Wimala Bhuana'. /Dok. Humas Pemerintah Kota Denpasar

RINGTIMES BALI - Gong Kebyar Duta Kota Denpasar berhasil memukau penonton dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV pada Kamis, 23 Juni 2022 di Panggung Terbuka Ardha Candra.

Duta Kota Denpasar terdiri dari Gong Kebyar Dewasa oleh Sekaa Gong Cittha Gumita Kanti, Sekaa Gong Kebyar Wanita dari Sekaa Gong Gita Widya Suari, dan Gong Kebyar Anak-anak dari Sekaa Gong Buana Swara Murti.

Koordinator Ida Bagus Eka Harista atau Gus Eka dari Naluri Manca, memaparkan bahwa Gong Kebyar Duta Kota Denpasar tampil dengan membawakan ‘Amertaning Wimala Bhuana.’

 “Jadi dalam konsep kita kali ini menghadirkan satu garapan gabungan fragmentari yang berdurasikan 1 jam 30 menit dengan judul ‘Amertaning Wimala Bhuana’,” ujar Gus Eka.

Baca Juga: Peringati Hari Koperasi ke-75, Dekopinda Kota Denpasar Gelar Seminar Nasional ‘Amankah Menabung di Bank’

Garapan ini merupakan gabungan dari penabuh dewasa hingga anak-anak dengan jumlah 86 orang.

Konsep ‘Amertaning Wimala Bhuana’ menyesuaikan dengan tema PKB XLIV tahun ini yang bertajuk ‘Danu Kerthi Huluning Amreta,’ dengan air menjadi sumber dan jembatan dalam mencapai kesejahteraan serta kemakmuran.

“Maka dari itu kita mengambil ‘Amertaning Wimala Bhuana’ dimana air itu menjadi sebuah peneduh jagat atau alam semesta ini. Karena dari konsep ini mengambil cerita Diah Tantri yang dikemas dengan konsep ‘Amertaning Wimala Bhuana’ supaya semua peran bisa dilibatkan,” ungkapnya.

Konsep ini juga membawa spirit Vasudhaiva Kutumbakam dengan gotong royong yang baik dari anak-anak hingga dewasa, serta melibatkan seluruh makhluk hidup.

Baca Juga: Odekta Naibaho Kembali Cetak Prestasi, Juarai Kategori Marathon Wanita pada Ajang IIM 2022

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x