Dinkes Denpasar Gelar Orientasi Kader Desa Peduli AIDS dan Narkoba Guna Tekan Laju Epidemi di Kota Setempat

- 6 April 2022, 09:57 WIB
Ilustrasi - Dinas Kesehatan dan Komisi Penanggulangan AIDS kota Denpasar gelar orientasi Kader Desa Peduli AIDS (KDPAN) untuk tekan laju epidemi.
Ilustrasi - Dinas Kesehatan dan Komisi Penanggulangan AIDS kota Denpasar gelar orientasi Kader Desa Peduli AIDS (KDPAN) untuk tekan laju epidemi. /Freepik

 

RINGTIMES BALI – Dinas Kesehatan dan Komisi Penanggulangan AIDS kota Denpasar menggelar orientasi Kader Desa Peduli AIDS dan Narkoba (KDPAN) untuk menekan laju epidemi HIV/AIDS di kota setempat.

dr. Anak Agung Ngurah Gede Darmayuda selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Dinkes Kota Denpasar mengatakan orientasi tersebut diadakan sebagai upaya berkelanjutan untuk menekan laju epidemi HIV/AIDS.

Tidak hanya itu, ia juga mengatakan hal tersebut sebagai dukungan yang harus dioptimalkan, mulai dari penyuluhan kepada populasi kunci, sosialisasi melalui media tradisional, monitoring dan evaluasi program, serta pelatihan dan pembentukan KDPAN.

Baca Juga: GTPP Denpasar Sebut Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Capai 97,67 Persen

Ia menjelaskan kegiatan orientasi KDPAN yang melibatkan seluruh kader desa/kelurahan Denpasar bertujuan meningkatkan kapasitas dan pengetahuan kader tentang HIV/AIDS, IMS, narkoba, dan program-program pencegahan HIV/AIDS.

Agung Ngurah Darmayuda berharap para kader dapat berperan aktif dalam upaya menyukseskan program pencegahan tersebut ke depannya.

Ia menyampaikan bahwa secara khusus kegiatan orientasi tersebut meningkatkan pengetahuan kader tentang teknik komunikasi sehingga kader dapat menyampaikan informasi dengan baik dan benar kepada masyarakat.

Baca Juga: KPwBI Bersinergi dengan Pemkot Denpasar Resmikan Program SIAP QRIS di Pasar

Dalam kegiatan orientasi tersebut, ia juga mengatakan bahwa kader diberikan ruang untuk menyampaikan data tentang potensi permasalahan HIV/AIDS dan narkoba di lingkungan desa/kelurahan termasuk laporan penanggulangannya.

Halaman:

Editor: Shofia Faridatuz Zahra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x