Senator Mangku Pastika Perjuangkan Forum Pelaut Bali Demi Peroleh Visa Bekerja di Jerman

- 4 April 2022, 07:40 WIB
Made Mangku Pastika (kanan) saat melakukan penyerapan aspirasi dengan Forum Pelaut Bali di Denpasar, pad Jumat, 1 April 2022.
Made Mangku Pastika (kanan) saat melakukan penyerapan aspirasi dengan Forum Pelaut Bali di Denpasar, pad Jumat, 1 April 2022. /ANTARA/Ni Luh Rhismawati

 

RINGTIMES BALI – Anggota DPD (senator) Made Mangku Pastika akan perjuangkan dan mencari solusi terkait kendala yang dialami Forum Pelaut Bali untuk memperoleh visa bekerja di Jerman.

“Saya optimistis ini bisa, tolong lampirkan bukti-bukti dan jangan pernah takut memperjuangkan nasib banyak orang,” ucap mantan Gubernur Bali tersebut saat penyerapan aspirasi dengan Forum Pelaut Bali pada Jumat, 1 April 2022 dikutip dari Antara.

Mangku Pastika akan segera mengirim surat kepada Konsul Kehormatan Jerman di Bali dan mengirim staf ahlinya bertemu konsul untuk mencari solusi atas kesulitan dan lamanya para pelaut atau pekerja migran memperoleh visa.

Baca Juga: Pemkot Denpasar Tingkatkan Pelayanan Mal Pelayanan Publik (MPP) Berbasis Online

Baginya, ditengah masa yang serba digital saat ini, semestinya proses pengeluaran visa tidak memakan waktu hingga 4 bulan lamanya.

Mangku Pastika menyampaikan, dengan terhambatnya perolehan visa, peluang warga Bali bekerja di kapal pesiar pun bisa direbut oleh orang lain. Dirinya juga merasa ada ‘aroma’ persaingan yang menyebabkan hambatan tersebut.

“Padahal, kalau mau berbicara kemiskinan, bekerja di kapal pesiar pun atau menjadi pelaut ini adalah salah satu solusinya. Ketika saya berkunjung ke desa-desa, saya sempat bertanya ternyata rumah yang bagus-bagus itu penghuninya mayoritas bekerja di kapal pesiar,” katanya.

Baca Juga: KPPAD Bali Minta Warga Sekolah Tetap Disiplin Prokes Saat PTM 100 Persen

Maka dari itu, Pastika ketika masih menjabat sebagai Gubernur Bali, sempat membuat program dengan memberikan fasilitas biaya sampai Rp20 juta bagi para muda-mudi Bali yang berkeinginan bekerja di kapal pesiar.

Halaman:

Editor: Shofia Faridatuz Zahra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x