Anggota DPD RI Harapkan LDII Tabanan Siarkan Dakwah Menyejukan yang Menggali Paham Nusantara  

- 28 Maret 2022, 15:00 WIB
Anggota DPD Anak Agung Gde Agung (tengah) saat menerima rombongan LDII Tabanan di Puri Ageng Mengwi, Kabupaten Badung, pada Minggu, 27 Maret 2022.
Anggota DPD Anak Agung Gde Agung (tengah) saat menerima rombongan LDII Tabanan di Puri Ageng Mengwi, Kabupaten Badung, pada Minggu, 27 Maret 2022. /Ni Luh Rhismawati/ANTARA

 

RINGTIMES BALI – Anak Agung Gde Agung selaku anggota DPD RI berharap Lembaga Dakwah Islam Indonesia atau LDII Tabanan dapat menyiarkan dakwah yang menyejukan bagi seluruh umat beragama, tidak hanya untuk umat Muslim.

“Yang menjadi spirit saya adalah pesan Bung Karno. Kalau Hindu jangan jadi orang India, kalau Muslim jangan jadi orang Arab, kalau Kristen jangan jadi orang Yahudi. Jadilah manusia Nusantara,” katanya pada Minggu 27 Maret 2022 dikutip dari laman Antara.

Gde Agung selaku Anggota Komite III DPD tersebut menyatakan hal itu saat menerima kunjungan rombongan DPD LDII Tabanan di kediamannya, yaitu di Puri Ageng Mengwi, Badung, Bali.

Baca Juga: Sidang Transisi Energi di G20 Sepakati Tiga Agenda Penting

Gde Agung yang merupakan Bupati Badung pada tahun 2005-2015 dikenal masyarakat sebagai pemimpin yang diterima oleh semua umat beragama.

Ia menceritakan beberapa tantangan sebelumnya, seperti ketika hari raya Nyepi yang jatuh pada hari Jumat, dimana para umat Muslim harus melaksanakan ibadah sholat Jumat di Masjid, sedangkan umat Catur Brata Penyepian juga harus ditaati oleh seluruh masyarakat Bali.

Ketika itu, Ia menyampaikan bahwa ia mengumpulkan para tokoh Muslim untuk berdiskusi dan unsur PHDI mencari solusi. Akhirnya mendapat kesepakatan bahwa semua bisa berjalan dengan beberapa ketentuan yang saling menghormati.

Baca Juga: Jonatan Christie Ungkap Rahasia Kemenangannya di Final Swiss Open 2022 Lawan Prannoy

Tidak luput juga ketika perayaan Nyepi di hari Minggu, dimana para umat Kristiani harus ibadah di Gereja. Melalui komunikasi yang humanis, Gde Agung bisa menciptakan suasana tentram tanpa saling merugikan.

Halaman:

Editor: Shofia Faridatuz Zahra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x