Sidang Transisi Energi di G20 Sepakati Tiga Agenda Penting

- 28 Maret 2022, 14:36 WIB
Sidang pertama Energy Transitions Working Group (ETWG) di Yogyakarta yang telah berlangsung sejak Kamis, 24 Maret 2022.
Sidang pertama Energy Transitions Working Group (ETWG) di Yogyakarta yang telah berlangsung sejak Kamis, 24 Maret 2022. /ANTARA/Humas Kementerian ESDM

 

RINGTIMES BALI – Sidang pertama transisi energi dalam Energy Transition Working Group (ETWG) pada G20 di Yogyakarta pada 24-25 maret 2022 telah menyepakati tiga agenda penting pada 2022.

Ketiga agenda penting yang disepakati di Sidang ETWG itu adalah aksesibilitas energi, peningkatan teknologi energi bersih, dan peningkatan pembiayaan energi.

Yodo Dwinanda Priaadi selaku Chair ETWG pada penutupan sidang melaporkan komitmen bersama hingga mencapai net zero emission (NZE) sekaligus merealisasikan target tujuan pembangunan SDGs pada 2030.

Baca Juga: Ganda Putra Indonesia Fajar Alfian-Rian Ardianto Raih Juara Swiss Open 2022 Setelah Taklukan Wakil Malaysia

Ia menambahkan, anggota G20 tengah memperkuat pentingnya keamanan dan ketahanan rantai pasokan energi di tengah ketidakpastian pasar ekonomi global saat ini.

“Sangat penting bagi G20 untuk bekerja sama mengembalikan kondisi pasar yang lebih stabil serta memodernisasi tata kelola pasar energi untuk menjamin keamanan energi dan proses transisi energi,” ungkapnya seperti dikutip dari bali.antaranews.com 28 Maret 2022.

Menurutnya, transisi energi yang adil dan inklusif mendapat perhatian penuh selama sidang ETWG berlangsung.

Baca Juga: Produk Minyak Goreng Dipastikan Aman Saat Ramadhan Tiba

Presidensi G20 Indonesia berkomitmen untuk merumuskan permasalahan aksesibilitas dan peningkatan teknologi dengan peningkatan investasi dan percepatan kemajuan teknologi.

Halaman:

Editor: Shofia Faridatuz Zahra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x