Beroperasi Tanpa Izin, Satpol PP Gianyar Segel Sentra UMKM Sukla Satyagraha  

- 27 Maret 2022, 09:03 WIB
Ilustrasi UMKM Sukla Satyagraha disegel oleh Satpol PP Gianyar sebab tidak mengantongi izin beroperasi dengan didukung surat perintah Bupati Gianyar.
Ilustrasi UMKM Sukla Satyagraha disegel oleh Satpol PP Gianyar sebab tidak mengantongi izin beroperasi dengan didukung surat perintah Bupati Gianyar. /Pixabay/blickpixel

RINGTIMES BALI – Puluhan anggota gabungan dari Satpol PP Gianyar beserta TNI dan Polri menyegel sentra UMKM Sukla Satyagraha yang berlokasi di Jalan Astina Utara, kelurahan Beng, kabupaten Gianyar karena usaha tersebut tidak mengantongi izin operasi.

“Penyegelan atau penutupan sentra Sukla Satyagraha dilakukan lantaran belum mengantongi izin,” ucap I Dewa Gede Alit Mudiarta selaku Plt. Asisten Administrasi Umum kabupaten Gianyar pada Jumat, 25 Maret 2022 dikutip dari laman Antara.

Penyegelan yang dilakukan pada Kamis lalu, 24 Maret 2022, didukung surat perintah Bupati Gianyar Nomor 300/1321/POL.PP/2022 yang memerintahkan penyegelan kegiatan operasional secara ilegal oleh UMKM sentra Sukla Satyagraha.

Baca Juga: Download Lagu I Wanna Be with You dari Mandy Moore MP3 MP4, Kualitas Terbaik Beserta Lirik                 

Instruksi penyegelan berdasarkan pasal 2 ayat 4 dan pasal 3 pada Peraturan Daerah kabupaten Gianyar Nomor 1 Tahun 2021 terkait penataan dan pembinaan pasar rakyat, pusat perbelanjaan, serta toko swalayan sehingga tidak memiliki izin, namun tetap beroperasi.

Berdasarkan keterangannya, Dewa Alit mengatakan sentra UMKM tersebut sudah beroperasi selama dua tahun dan terpaksa ditutup karena belum memiliki izin.

Pihaknya sudah mengarahkan para pelaku UMKM itu untuk mengurus izin, namun mereka hanya mengurus perizinan hanya sekali. Pihaknya juga sudah memberikan persyaratan mendirikan pasar, namun hingga saat ini belum ada yang datang lagi.

Baca Juga: Download Lagu Love is You dari Cherry Belle MP3 MP4, Kualitas Terbaik Beserta Lirik

Dewa Alit menambahkan, dinas perizinan tidak pernah mempersulit siapapun ketika ingin mengurus perizinan maupun investasi di kabupaten Gianyar.

“Kami tidak pernah mempersulit, hanya dinas perizinan menyelenggarakan aturan perundang-undangan,” katanya.

Halaman:

Editor: Rian Ade Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x