Produksi Virgin Coconut Oil, Pemuda Bali Asal Desa Sembirang Bisa Ekspor Hingga Ke Eropa

- 15 Maret 2022, 19:20 WIB
Ilustrasi. Produksi Virgin Coconut Oil, Pemuda Bali Asal Desa Sembirang Bisa Ekspor Hingga Ke Eropa
Ilustrasi. Produksi Virgin Coconut Oil, Pemuda Bali Asal Desa Sembirang Bisa Ekspor Hingga Ke Eropa /Pexels.com/Tijana Drndarski

RINGTIMES BALI – Kreatifitas dan ketekunan seorang pemuda asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, bernama I Ketut Sumayasa dalam berwirausaha patut diacungi jempol.

Pasalnya, pemuda Bali asal Desa Sembiran bisa memproduksi Virgin Coconut Oil hingga sukses mengekspor ke beberapa pasar di Eropa.

I Ketut Sumayasa menjelaskan, produk minyak kelapa murni ini terus mengalami peningkatan peminat hingga menjadi trend, terutama untuk sektor kesehatan.

Baca Juga: Download Lagu 7 Samudera dari Gamma 1 Cover Mira Putri feat Ageng Music MP3 MP4 Kualitas HD, Plus Lirik

“Hasil kelapa berupa Virgin Coconut Oil (CVO) dijadikan minyak balur untuk merawat kulit, lalu produksi VCO ini juga bisa diminum, dan diyakini dapat mencegah penyakit kanker, jantung, stroke, hingga mencegah kolesterol,” ungkapnya seperti dikutip dari laman Bali.antaranews 15 Maret 2022.

Ia kemudian menceritakan sejarah usahanya yang berawal sejak tahun 2015 lalu. Saat itu ia memilih memproduksi Virgin Coconut Oil karena tempat tinggalnya yakni Kecamatan Tekuala adalah kawasan penghasil kelapa.

Dalam memproduksi Virgin Coconut Oil, ada beberapa tahapan produksi yang harus ia lalui. Pertama adalah tahapan pemilihan bahan baku yaitu pemilihan kelapa berkualitas.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 2 Halaman 110, 111, Uji Kompetensi Bab 9 Sistem Ekskresi Manusia

Tahapan kedua adalah pemrosesan buah kelapa seperti pengupasan, pencucian, dan pemarutan yang dilakukan secara manual hingga menjadi.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x