Coba Box Breathing, Teknik Pernapasan yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

- 20 November 2020, 13:06 WIB
Coba Box Breathing, Teknik Pernapasan yang Bermanfaat Bagi Kesehatan /Pixabay

RINGTIMES BALI – Box Breathing merupakan salah satu teknik untuk tarik napas dalam dan perlahan dalam latihan pernapasan. Hal ini bertujuan untuk menjaga irama pernapasan tetap normal.

Box breathing atau juga dikenal dengan istilah Square Breathing ini menerapkan langkah-langkahnya dalam empat hitungan ketika menarik napas.

Latihan pernapasan ini bisa bermanfaat bagi siapa saja, terutama bagi seseorang yang ingin bermeditasi atau mengurangi stres.

Baca Juga: Yuk, Cegah Diabetes pada Anak dengan Deteksi Dini Berikut Ini

Stres yang terlalu lama memberikan efek buruk pada kesehatan karena dapat meningkatkan risiko kondisi seperti sakit kepala, serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

Dengan menerapkan teknik pernapasan ini telah terbukti secara signifikan mengurangi produksi hormon yang terkait dengan stres seperti kortisol.

Beragam manfaat dapat diperoleh dengan dilakukannya box breathing yaitu dapat mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, membantu insomnia, dan meredakan nyeri.

Hal ini juga ditemukan dalam beberapa penelitian bahwa teknik pernapasan ini dapat berguna dalam mengurangi stres dan kecemasan serta dalam mengobati depresi. Dilansir dari Boldsky.

Baca Juga: Pemicu Penyakit Ginjal, Cermati 7 Kesalahan yang Sering Kita Lakukan Sehari-hari

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X