Sejarah Letusan Krakatau Bikin Gelap Dunia, Terjadi Pada Tahun 1883

- 8 Januari 2024, 10:31 WIB
Sejarah Krakatau Bikin Gelap Dunia, Terjadi Pada Tahun 1883
Sejarah Krakatau Bikin Gelap Dunia, Terjadi Pada Tahun 1883 /

RINGTIMES BALI- Gunung Krakatau pernah membuat dunia gelap. Bencana dahsyat terjadi pada Senin, 27 Agustus 1883, pagi WIB, kala itu gunung secara administratif ada di Lampung Selatan, Provinsi Lampung, tersebut meletus dan suara dentumannya terdengar sampai ke Australia.

Letusan dahsyat yang ada di antara Pulau Jawa dan Sumatra itu bahkan membuat cuaca dunia berubah, banyak orang yang menganggap bahwa dunia akan berakhir. Hujan abu akibat erupsi gunung tersebut terasa ke berbagai negara.

Krakatau terdiri dari tiga puncak, yakni Perboewatan, Danan, dan Rakata. Perboewatan merupakan puncak paling utara dan paling aktif, sedangkan Danan berada di tengah, dan Rakata merupakan yang terbesar.

Baca Juga: Frekuensi Kencing Lebih sering, Ini Penyebabnya Mulai Asupan Cairan hingga Medis

Letusan Krakatau begitu dahsyat, ledakannya berkekuatan 200 megaton bom dan menewaskan 36.000 orang lebih.

History Museum menyebut, letusan gunung api tersebut merupakan letusan mematikan dalam sejarah modern, nomor dua setelah Tambora yang terjadi pada 1815 yang menewaskan 60.000 orang.

Perjalanan Krakatau meletus bermula sejak lama, 27 Agustus 1883 merupakan puncak dari rentetan mala yang terjadi. Pada 19 Mei 1883, Perboewatan menunjukkan aktivitas vulkanik, kala itu debu membubung tinggi setinggi 7 mil di atasnya.

Baca Juga: Program Makan Siang Gratis Prabowo Gibran Diterapkan di Banyak Negara, Ciptakan 4 Juta Lapangan Pekerjaan

Selanjutnya, dua bulan setelah itu ada letusan yang memuntahkan abu mencapai ketinggian sekira 6 kilometer, ledakannya bahkan terdengar Batavia Baru, kini Jakarta.

Aktivitas selanjutnya terjadi pada 16 Juni 1883, awan hitam dan ledakan keras terjadi, air pasang begitu tinggi. Kala itu, guncangan akibat gempa bumi terasa di Banten.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x