Wabup Suiasa Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi Diikuti Bendesa/Kelian Desa Adat se-Badung

- 22 Mei 2023, 17:00 WIB
Wabup Ketut Suiasa membuka pelaksanaan bimtek Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi Bendesa/Kelian Desa Adat se-Kabupaten Badung Tahun 2023 di Gedung Kertha Gosana Puspem Badung, Senin (22/5).
Wabup Ketut Suiasa membuka pelaksanaan bimtek Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi Bendesa/Kelian Desa Adat se-Kabupaten Badung Tahun 2023 di Gedung Kertha Gosana Puspem Badung, Senin (22/5). /Dok Humas Badung

RINGTIMES BALI - Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa membuka pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi Bendesa/Kelian Desa Adat se-Kabupaten Badung Tahun 2023 bertempat di Gedung Kertha Gosana Puspem Badung, Senin (22/5).

Turut hadir Penyarikan Agung MDA Provinsi Bali I Ketut Sumarta, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung I Gde Eka Sudarwitha, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Badung, Camat se-Kabupaten Badung.

Prajuru Majelis Desa Adat Kabupaten Badung, Prajuru Majelis Desa Adat Kecamatan se-Kabupaten Badung, Bendesa Adat se-kabupaten Badung serta selaku Narasumber Wayan P. Windia dan I Gusti Rai Astika.

Dalam sambutannya Wabup Suiasa menyampaikan bahwa pelaksanaan bimtek ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Badung dengan majelis Desa Adat Provinsi Bali yang ditujukan kepada seluruh bendesa Adat di Kabupaten Badung.

Kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatan kompetensi dan kapasitas Bendesa Adat se-Badung dalam rangka melaksanakan tugas-tugas kewajiban dan tanggung jawabnya.

Baca Juga: Sekda Adi Arnawa Hadiri Mebarung Angklung Klentangan Rekonstruksi Gamelan Tua

“Bendesa Adat sebagai kepala masyarakat dan wilayah yang bersifat otonomi dan diakui oleh undang-undang kenegaraan kita, pada intinya Desa Adat itu sudah tau bahwa membangun peningkatan kualitas beragama yang mana dalam Adat sebagai sisi membangun parahyangan dan membangun soal peningkatan kualitas dari masyarakatnya bidang pawongan. Bagaimana juga membangun lingkunganya, ketiga inti ini juga menjadi bagian substansi kita untuk merasakan kegiatan pemerintah yang harmonis dan bersinergi, saling memperkuat dan tidak ada yang bertentangan antara satu dengan yang lainnya. Inilah yang kita harapkan bisa terwujud saat ini terlebih juga Desa Adat di Bali saat ini juga sudah diatur dalam hukum positif kenegaraan kita yaitu di dalam Perda No. IV tahun 2019 tentang Desa Adat,” ungkapnya.

Sementara itu Bendesa Madya Kabupaten Badung AA. Putu Sutarja menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Bupati Badung.

Dalam kesempatan ini dihadiri Wakil Bupati yang sudah memberikan tempat untuk melaksanakan acara Bimtek peningkatan kapasitas dan Kompetensi Bendesa/Kelian Desa Adat se-Kabupaten Badung.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x