Empat Kecamatan di Bangli Adu Penampilan dan Kreasi dalam Parade Budaya

- 21 Mei 2023, 21:10 WIB
4 Kecamatan di Kabupaten Bangli beradu penampilan dalam Parade Seni dan Budaya di Alun-Alun Kota Bangli, Minggu 21 Mei 2023 Sore
4 Kecamatan di Kabupaten Bangli beradu penampilan dalam Parade Seni dan Budaya di Alun-Alun Kota Bangli, Minggu 21 Mei 2023 Sore /Ringtimes Bali/I Gede Sarjana

RINGTIMES BALI - Empat (4) Kecamatan di Kabupaten Bangli beradu penampilan dalam Parade Seni dan Budaya di Alun-Alun Kota Bangli, Minggu 21 Mei 2023 Sore.

Dengan ditandai pemukulan kulkul oleh Bupati Sedana Arta pertunjukan kreasi dari Empat Kecamatan yang terdiri dari, Kecamatan Kintamani, Tembuku, Susut dan Kecamatan Bangli dimulai.

Mengawali pementasan dimulai dari Kecamatan Kintamani dengan menampilkan karya Sendratari kolosal berjudul Panerajon yang diambil dari kisah babad Bali Mula.

Penampilan Kecamatan Kintamani ini mampu membuat decak kagum para tamu utama dan ribuan puluh penonton yang menyaksikan ditambah dengan pengarakan ogoh-ogohnya.

Selanjutnya penampilan Kecamatan Tembuku mempersembahkan tabuh Baleganjur, diiringi gebogan bunga dan buah, payas agung serta permainan tradisional gobak sodor (metamak tamakan) dan parade ngelawang barong bangkung serta fragmen tari dengan judul Sang Kala Brahma.

Sementara Kecamatan Susut menampilkan gebogan bunga, gebogan buah, tari cupak grantang, permainan tradisional egrang (tajogan) lengkap dengan iringan pengarakan ogoh-ogoh juga.

Parade ditutup dengan penampilan Kecamatan Bangli dengan menampilkan pragmen tari, parade ogoh-ogoh diiringi gamelan baleganjur, penampilan pakaian khas pengantin, parade gebogan buah dan bunga, dan khasanah Bangli dengan menampilkan payas agung dan payas madya.

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Tabanan Bali Senin, 22 Mei 2023: Persyaratan, Biaya dan Lokasi

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangli, I Wayan Sugiarta menyampaikan, pawai budaya yang dilaksanakan hari ini adalah bentuk wahana bagi seniman yang ada di Bangli untuk mengekspresikan jiwa dalam bentuk seni.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x