Plaspas Bangunan Infrastruktur Pura Agung Besakih, Koster: Pengelolan Harus Profesional

- 6 Maret 2023, 19:52 WIB
Gubernur Koster mengikuti rangkaian upacara pemlaspasan bangunan infrastruktur yang telah rampung di kawasan Pura Agung Besakih.
Gubernur Koster mengikuti rangkaian upacara pemlaspasan bangunan infrastruktur yang telah rampung di kawasan Pura Agung Besakih. /Ringtimes Bali/I Gede Sarjana

RINGTIMES BALI - Gubernur Bali I Wayan Koster mengikuti rangkaian upacara pemlaspasan bangunan infrastruktur yang telah rampung di kawasan Pura Agung Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali, Senin, 6 Maret 2023.

Upacara pemlaspasan tersebut meliputi sembilan titik lokasi yaitu Pura Penataran Agung, Perempatan Agung, Candi Bentar, Pura Melanting, parkir kendaraan roda dua dan roda empat, suttle bus, Kios Manik Mas, Kios Bencingan, serta Puskesmas.

Dalam sambutannya, Koster menyampaikan proyek revitalisasi Pura Agung Besakih ini menghabiskan anggaran mencapai Rp911 miliar.

Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Provinsi Bali.

Baca Juga: Kemenhub Sebut Penerbangan Langsung Xiamen Denpasar Dukung Pariwisata Bali

Revitalisasi Pura Agung Besakih ini meliputi restorasi dan pengembangan tempat suci, penataan lahan parkir, pembangunan ruang audio visual, wantilan, dan ajung pandang (view point).

"Sebagian dana digunakan untuk membebaskan lahan, termasuk kios lebih dari Rp170 miliar," kata Koster.

Upacara pemlaspasan Pura Agung Besakih ini tetap digelar, meskipun pembangunan belum rampung semuanya.

Salah satunya pembangunan jembatan penghubung dari Pura Dalem Puri ke Manik Mas (simpang lima) yang direncanakan selesai pada Juli 2023.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x