Potensi Gelombang Tinggi dan Angin Kencang di Bali hingga 13 Januari, BMKG Imbau Warga Waspada

- 12 Januari 2023, 13:00 WIB
Sejumlah pekerja mengangkat tempat papan selancar yang sempat terseret ombak akibat gelombang tinggi di Pantai Kuta, Badung, Bali, Sabtu (24/12/2022). Hujan disertai angin kencang yang terjadi pada Jumat (23/12) malam tersebut merusak puluhan lapak dagang warga.
Sejumlah pekerja mengangkat tempat papan selancar yang sempat terseret ombak akibat gelombang tinggi di Pantai Kuta, Badung, Bali, Sabtu (24/12/2022). Hujan disertai angin kencang yang terjadi pada Jumat (23/12) malam tersebut merusak puluhan lapak dagang warga. /ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/aww.

RINGTIMES BALI - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi gelombang laut tinggi dan angin kencang di Bali hingga 13 Januari 2023.

Peringatan dini tersebut dikeluarkan khususnya kepada nelayan dan pelaku usaha bahari di pesisir.

Cahyo Nugroho, Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar menyebut tinggi gelombang laut hingga 13 Januari diprediksi mencapai 2 meter lebih.

Baca Juga: 9 Hari Beroperasi, Tim SAR Hentikan Pencarian 2 WNA yang Hilang di Bali

"Tinggi gelombang laut di perairan utara Bali berkisar 0,5–1,25 meter, di perairan selatan Bali 1–3 meter, di Selat Bali 0,5–3 meter, dan di Selat Lombok 0,5–3 meter,” kata Cahyo dikutip dari Antara, Kamis 12 Januari 2023.

Oleh sebab itu BMKG mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat khususnya di Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian selatan, perairan selatan Bali, dan juga Samudera Hindia di bagian selatan Bali.

Sedangkan kecepatan angin kencang diprediksi berkisar antara 3 - 50 kilometer per jam. Ia menambahkan angin diprediksi bertiup dari arah selatan ke barat.

Baca Juga: Kasus Curanmor Terungkap, Pelaku Seorang Residivis

Sedangkan suhu udara berkisar antara 22 - 32 derajat Celcius dengan kelembaban udara 60 - 95 persen.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x