Sambut KTT G20, Pelaku UMKM Bali Gunakan Sistem Pembayaran Digital

- 12 November 2022, 20:34 WIB
Penggunaan sistem pembayaran digital oleh UMKM Bali.
Penggunaan sistem pembayaran digital oleh UMKM Bali. /Viarami/Pixabay

RINGTIMES BALI – Menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang diselenggarakan di Bali, persiapan demi persiapan telah dilakukan oleh pemerintah untuk menjamin kelancaran acara.

Tidak terkecuali Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di Bali telah melengkapi kegiatan usahanya menggunakan sistem pembayaran digital.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka penyambutan tamu yang menghadiri pertemuan G20, serta memenuhi tuntutan era digitalisasi yang semakin berkembang.

Baca Juga: Wamenag Ajak Generasi Muda Lawan Hoax dengan Kuasai Dunia Digital

Dilansir dari website Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Raden Adrian Noor seorang pemilik kafe 25 PM Coffee Nusa Dua mengatakan pada Tim Komunikasi dan Media G20 bahwa sejak pandemi mereka sudah mulai menggunakan QRIS sebagai pembayaran digital.

Raden menjelaskan penggunaan QRIS meminimalkan pegang uang dan pelanggan juga merasa senang karena bisa memilih sistem pembayaran yang diinginkan.

Total pendapat Raden sekitar Rp5 hingga 6 juta per harinya, dengan sekitar 50 persen pengunjung kafe melakukan pembayaran secara digital menggunakan QRIS.

Baca Juga: BPPTKG Laporkan Gunung Merapi 2 Kali Keluarkan Awan Panas

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard merupakan sistem pembayaran digital yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x