Pemkab Tabanan Beri Klarifikasi Penggunaan Pakaian Adat Bali Konsep Tri Datu untuk Pelajar

- 23 September 2022, 12:05 WIB
Ilustrasi. Pemkab Tabanan memberikan klarifikasi terkait penggunaan pakaian adat Bali dengan konsep Tri Datu di kalangan pelajar Tabanan.
Ilustrasi. Pemkab Tabanan memberikan klarifikasi terkait penggunaan pakaian adat Bali dengan konsep Tri Datu di kalangan pelajar Tabanan. /PIXABAY/DukeASH

RINGTIMES BALI – Pemkab Tabanan memberikan klarifikasi terkait dengan masalah penggunaan pakaian adat Bali dengan konsep Tri Datu yang memakai warna merah, putih, hitam dengan sesaputan poleng (hitam putih) di kalangan pelajar Tabanan.

Telah terjadi mispersepsi tentang pengenaan pakaian adat Bali dengan warna merah, putih, hitam dan poleng di kalangan pelajar.

“Dalam hal ini, kami tegaskan bahwa Pemkab Tabanan tidak pernah membuat aturan yang mewajibkan untuk memakai atribut atau pakaian dengan konsep Tri Datu di kalangan pelajar,” tulisnya, dikutip dari Humas Pemkab Tabanan, Jumat, 23 September 2022.

Terkait hal tersebut, Dinas Pendidikan Tabanan juga memberikan pernyataan bahwa pihaknya tidak pernah menginstruksikan para pelajar Tabanan untuk memakai pakaian adat Bali dengan konsep Tri Datu.

Baca Juga: Tanda Tangani Komitmen, Pemkab Tabanan Optimis Menuju Smart City

“Kami di Dinas Pendidikan tidak pernah mengintruksikan/mewajibkan, tetapi melihat beberapa anak-anak di sekolah yang telah memakai pakaian adat Tri Datu terlihat bagus dan diikuti oleh sekolah lainnya sehingga menjadi ciri khas/ikon Tabanan,” tulis akun FB resmi Dinas Pendidikan Tabanan.

“Tidak ada surat edaran ataupun intruksi resmi yang mengharuskan untuk ini,” sambungnya.

Diinformasikan sebagai pemahaman bersama dalam tataran konsep filosofis mengenai arti dan makna warna Tri Datu serta saput poleng dalam pengenaan pakaian adat yang sedang menjadi pembicaraan.

Udeng merah, baju putih dengan kamen hitam dibalut saput poleng yang saat ini sedang trend di Tabanan, merupakan representasi atau lambang Tri Datu.

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline

Sumber: Humas Pemkab Tabanan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x