PLTS Tol Bali Mandara Mulai Beroperasi, Siap Dukung Presidensi G20

- 22 September 2022, 15:26 WIB
Peresmian PLTS di Jalan Tol Bali Mandara.
Peresmian PLTS di Jalan Tol Bali Mandara. /ANTARA/Naufal Fikri Yusuf

RINGTIMES BALI – Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Jalan Tol Bali Mandara resmi beroperasi sebagai wujud kolaborasi serta sinergi BUMN dukung kegiatan Presidensi G20 Indonesia.

PLTS yang dibangun PT Bukit Asam Tbk (PTBA) melalui anak perusahaannya PT Bukit Energi Investama (BEI) tersebut akan mendukung kegiatan serta operasional PT Jasamarga Bali Tol (JBT), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

“Pembangunan PLTS di Jalan Tol Bali Mandara sejalan dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang bertujuan menjaga kelestarian alam Bali,” ucap Gubernur Wayan Koster saat peresmian PLTS pada Rabu, 21 September 2022 dikutip dari Antara.

Baca Juga: BPK RI Bali Adakan Entry Meeting dengan Pemkab Tabanan, Periksa Perluasan dan Percepatan Digitalisasi Daerah

Gubernur Koster mengatakan, penggunaan energi ramah lingkungan dapat meningkatkan citra pariwisata Bali dan ke depannya, Bali harus semakin berkualitas dan berdaya saing.

Menurutnya, untuk mewujudkan pariwisata di Pulau Dewata agar naik kelas, maka pariwisata ramah lingkungan dan berkelanjutan harus dikembangkan, salah satunya realisasi PLTS di Tol Bali Mandara.

Terkait manfaat jalan tol, Gubernur Koster mengatakan tidak hanya untuk mendukung fungsi transportasi, namun tol juga menjadi wahana identitas Bali yang menunjukan budaya dan kearifan lokal.

Asisten Deputi Bidang Jasa Infrastruktur Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga mengatakan, pihaknya mengapresiasi kerjasama yang dibangun PTBA dan Jasa Marga sebagai salah satu langkah mengurangi emisi karbon dan menjadi fokus agenda Presidensi G20.

Baca Juga: FEB UNAS Jakarta Ajak Pemkab Klungkung Kerja Sama Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x