Bupati Suwirta Hadiri Upacara Atma Wedana di Nusa Penida, Ajak Masyarakat Patuhi Prokes

- 22 Agustus 2022, 07:40 WIB
Bupati Suwirta bersama Ny. Ayu Suwirta didampingi Camat Nusa Penida menghadiri upacara Atma Wedana di dua desa yang ada dI Nusa Penida.
Bupati Suwirta bersama Ny. Ayu Suwirta didampingi Camat Nusa Penida menghadiri upacara Atma Wedana di dua desa yang ada dI Nusa Penida. /Instagram/@klungkung_gemasanti

RINGTIMES BALI – I Nyoman Suwirta selaku Bupati Klungkung bersama Ny. Ayu Suwirta didampingi Komang Widiasa Putra selaku Camat Nusa Penida, menghadiri upacara Atma Wedana yang berlokasi di Kecamatan Nusa Penida, Minggu, 21 Agustus 2022.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Suwirta menghadiri upacara Atma Wedana yang merupakan rangkaian dari upacara Pitra Yadnya, Ngaben Massal di Desa Suana dengan jumlah 29 sawa dan di Banjar Lima Desa Kutampi Kaler dengan jumlah 28 sawa.

Tidak lupa, dia juga menyampaikan pesan agar panitia dan masyarakat yang melaksanakan upacara Ngaben Massal tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Bupati Suwirta Pimpin Monev Pembangunan Fisik di Nusa Penida, Beri Outcome bagi Masyarakat

“Panitia dan masyarakat desa agar dalam melaksanakan karya dapat tetap menerapkan prokes Covid-19,” kata Bupati Suwirta, dikutip dari Humas Pemkab Klungkung, Senin, 22 Agustus 2022.

“Dumogi memargi antar (semoga berjalan dengan lancar),” sambungnya.

Dilansir dari situs resmi PHDI, Senin, 22 Agustus 2022, Atma Wedana merupakan bagian dari upacara Pitra Yadnya yang pada prinsipnya bertujuan untuk mengembalikan unsur Panca Maha Bhuta ke asalnya dan penyucian roh orang yang telah meninggal dunia.

Baca Juga: Penemun Bayi Laki-laki di Dalung, Pelaku Terancam Kena Undang-Undang Hukum Pidana

Atma Wedana sendiri dapat dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan pesaksi atau banten sanggar tawang, yaituAtma Wedana yang mepesaksi tutuan atau dikenal juga dengan istilah Sekah Kangsen.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla

Sumber: Humas Pemkab Klungkung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x