Pemkab Klungkung Ikuti Prosesi Mepepade Walungan Karya Aci Pengenteg Jagat di Pura Gelap Besakih Karangasem

- 12 Agustus 2022, 13:55 WIB
Bupati Suwirta dan jajaran Pemkab Klungkung mengikuti prosesi Mepepade Walungan serangkaian Karya Aci Pengenteg Jagat di Pura Gelap Besakih.
Bupati Suwirta dan jajaran Pemkab Klungkung mengikuti prosesi Mepepade Walungan serangkaian Karya Aci Pengenteg Jagat di Pura Gelap Besakih. /Instagram/@klungkung_gemasanti

RINGTIMES BALI – I Nyoman Suwirta selaku Bupati Klungkung bersama jajaran Pemkab Klungkung mengikuti prosesi Mepepade Walungan serangkaian Karya Aci Pengenteg Jagat di Pura Gelap Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Kamis, 11 Agustus 2022.

Pada prosesi tersebut, Bupati Suwirta menjelaskan bahwa Karya Aci Penegteg Jagat sebagai wujud bakti umat Hindu kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa sebagai penguasa alam semesta ditujukan untuk menjaga keseimbangan alam.

“Melalui upacara ini kita memohon keselamatan dan keseimbangan alam beserta isinya,” kata Bupati Suwirta, dikutip dari Humas Pemkab Klungkung, Jumat, 12 Agustus 2022.

Baca Juga: Ayu Suwitra Terima Kunjungan TP PKK Luwu Timur, Sulawesi Selatan di Klungkung, Pelajari Pengelolaan Desa Wisma

Dewa Ketut Soma selaku Pawartaka Karya menyampaikan bahwa tujuan dari prosesi Mepepade Walungan tersebut adalah untuk menyucikan semua wewalungan atau binatang korban yang akan digunakan dalam Aci Pengenteg Jagat.

"Wewalungan itu meliputi kerbau, kambing, babi, angsa, ayam, penyu dan berbagai jenis sarana pelengkap lainnya. Seluruh wewalungan tersebut disucikan, didoakan dan dituntun murwa daksina, berputar tiga kali putaran searah jarum jam mengelilingi area Pura Gelap Besakih," katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, Karya Aci Pengenteg Jagat merupakan upacara rutin sebagai Aci Nyatur yang dilaksanakan oleh Pemkab Klungkung di Catur Loka Pala Pura Gelap Besakih setiap Purnama Karo.

Baca Juga: Kejuaraan Fin Swimming Antar Pelajar Klungkung Bali Open 2022 Siap Digelar

"Karya Aci Pengenteg Jagat ini diawali dari prosesi nedunang Ida Betara di Pura Gelap Besakih pada Rabu, 10 Agustus dilanjutkan prosesi Mepepade Wewalungan Kamis, 11 Agustus dan Purnama Karo Jumat, 12 Agustus, merupakan Puncak Karya Aci Pengenteg Jagat dan Ida Betara mesindeb pada hari Senin, 15 Agustus," kata Dewa Soma.***

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: Humas Pemkab Klungkung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x