Pemerintah Jepang Apresiasi Sistem Pemilahan Sampah TOSS Center di Klungkung

- 29 Juli 2022, 08:30 WIB
emerintah Jepang mengapresiasi sistem pemilahan sampah di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center di Desa Kusamba, Klungkung.
emerintah Jepang mengapresiasi sistem pemilahan sampah di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center di Desa Kusamba, Klungkung. /ANTARA/HO-Humas Pemkab Klungkung/2022

RINGTIMES BALI – Pemerintah Jepang mengapresiasi sistem pemilahan sampah di “Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center” di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali.

I Nyoman Suwirta selaku Bupati Klungkung menerima kunjungan Matsumoto Shoji selaku perwakilan Pemerintah Jepang pada hari Selasa, 19 Juli 2022 di Klungkung.

Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka cara pengelolaan pemilahan sampah dan pembuatan pupuk ozaki. Bupati Klungkung menjelaskan TOSS Center yang dikelola oleh Koperasi Gema Nadi Lestari.

Baca Juga: Pastikan Progam Atma Kerthi Berjalan Baik, Pemkab Karangasem Hadiri Upacara Ngaben di Kecamatan Manggis

Didampingi I Ketut Suadnyana selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung, Bupati Klungkung mengatakan Pemerintah Kabupaten Klungkung fokus menyelesaikan masalah sampah dengan program TOSS Center.

"Kami di Pemkab Klungkung sangat serius memerangi sampah. Inovasi yang diciptakan dari tahun 2017 itu telah masuk top 40 inovasi pelayanan publik," katanya.

Dia mengatakan sampah yang diproduksi masyarakat bisa mencapai sekitar 10 truk, kemudian dipilah antara organik dan anorganik.

Sampah yang sudah dipilah langsung diambil dari rumah-rumah warga dan dibawa ke TOSS Center untuk dikelola.

Baca Juga: Pemkot Denpasar Galakkan PSN 3 M Plus Antisipasi Lonjakan DBD

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline

Sumber: Antara Bali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x