Jaya Negara Hadiri Karya Ngenteg Linggih, Caru Rsi Gana dan Piodalan Betara Begawan Penyarikan

- 14 Juli 2022, 07:57 WIB
Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara hadiri upacara dan persembahyangan di Desa Ubung Kaja
Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara hadiri upacara dan persembahyangan di Desa Ubung Kaja /Dok. Humas Pemkot Denpasar

RINGTIMES BALI- Walikota Denpasar IGN Jaya Negara menghadiri Upacara Ngenteg Linggih, Caru Rsi Gana dan Piodalan Betara Begawan Penyarikan, Rabu 13 Juli 2022. 

Rangkain upacara tersebut bertepatan dengan Rahina Purnama Kasa, Warga Banjar Dharma Shanti, Desa Ubung Kaja. 

Selain Walikota Denpasar, nampak hadir juga dalam kesempatan ini Anggota Komisi II DPRD Bali, AA Ngurah Adhi Ardhana, Perbekel Ubung Kaja, I Wayan Astika dan warga setempat.

Baca Juga: Perwira Pengendali Sekat Simpang Pratama Nusa Dua Beri Arahan Personil untuk Keamanan

Walikota Jaya Negara usai ngaturang punia mengatakan, pelaksanaan upacara keagamaan di Banjar Dharma Shanti ini adalah salah satu bentuk meningkatkan sradha bhakti umat Hindu kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa.

"Mengenai pelaksanaannya, Pemkot Denpasar fungsi pemberdayaaannya tidak terlepas dari sektor keagamaan, namun yang lebih kita apresiasi di mana muncul kemandirian masyarakat untuk memunculkan kesadaran sehingga manfaat yang kita peroleh dalam penyelenggaraan upacara keagamaan yang dikenal dengan istilah Tri Guna Karya serta Satwika Karya dapat kita peroleh dengan baik,” kata Jaya Negara.

Jaya Negara berharap setelah dilaksanakannya Upacara Ngenteg Linggih, Caru Rsi Gana Lan Piodalan Betara Begawan Penyarikan di Banjar Dharma Shanti Desa Ubung Kaja ini seluruh umat dan pengempon agar dapat meningkatkatkan rasa persaudaraan dan persatuan antara sesama umat.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Wilayah Kuta 14 Juli 2022, Diprediksi Cerah dan Berawan

“Tentu pelaksanaan Yadnya ini sebagai sarana peningkatan nilai spiritual sebagai umat beragama. Kami berharap kedepan upacara Yadnya ini dapat memberikan energi positif yang dapat memancarkan hal positif bagi umat serta menetralisir hal- hal negatif dilingkungan desa setempat,” kata Jaya Negara.

Sisi lain Manggala Karya IGN Alit Sudibya, rangkaian upacara ini berkaitan dengan rampungnya renovasi di area parahyangan dan Banjar Dharma Shanti meliputi Pelinggih Ida Bagawan Penyarikan, Bangunan Tajuk, Apit Lawang, Piyasan dan Bale Kulkul. 

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah