Gubernur Bali Keluarkan Instruksi Upacara Jagat Kerthi untuk Perayaan Tumpek Wayang

- 12 Februari 2022, 16:41 WIB
Upacara Jagat Kerthi akan dilaksanakan pada saat Tumpek Wayang
Upacara Jagat Kerthi akan dilaksanakan pada saat Tumpek Wayang /Ni Putu Putri Muliantari/Ringtimes Bali

RINGTIMES BALI – Gubernur Bali Wayan Koster mengeluarkan instruksi untuk melaksanakan upacara Jagat Kerthi pada saat rahina Tumpek Wayang. 

Rahina Tumpek Wayang jatuh pada 5 Maret 2022 atau Saniscara Kliwon wuku Wayang, Gubernur Bali Wayan Koster mengimbau para stakeholder untuk melaksanakan upacara Jagat Kerthi untuk itu. 

Instruksi Gubernur Bali mengenai pelaksanaan Jagat Kerthi saat Tumpek Wayang disampaikan Wayan Koster saat jumpa pers di kediamannya Jayasabha hari ini. 

Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Semester 2, Terbaru 2022 PG Uji Kompetensi Bab 3 Halaman 189, 190

“Hal ini menimbang bahwa nilai-nilai adiluhung Sad Kerthi perlu dipahami, dihayati, diterapkan, dan dilaksanakan secara menyeluruh, konsisten, berkelanjutan dengan tertib, disiplin, dan penuh rasa tanggung jawab oleh seluruh masyarakat Bali,” berdasarkan uraian Wayan Koster, Sabtu, 12 Februari 2022. 

Upacara Jagat Kerthi menurut Gubernur Bali sesuai dengan upaya mewujudkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali menuju Bali Era Baru. 

Dalam melaksanakan nilai-nilai adiluhung Sad Kerthi, diperlukan tata-titi kehidupan masyarakat Bali yang menyatu dan menjaga keseimbangan antara alam, manusia dan kebudayaan Bali yang meliputi adat-istiadat, tradisi, seni dan budaya, serta kearifan lokal secara sekala dan niskala. 

Baca Juga: Download Lagu Prinsa Mandagie - Sahabat Dulu MP3 MP4 Beserta Lirik, Sekali Klik

Akhirnya berdasarkan pertimbangan tersebut, Wayan Koster menetapkan Instruksi Gubernur tentang Perayaan Rahina Tumpek Wayang dengan upacara Jagat Kerthi sebagai pelaksanaannya. 

Hal ini berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi dalam Bali era baru. 

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah