Meriahkan HUT Kota Negara ke -128, Puluhan Sekaa Baleganjur Remaja Unjuk Gigi dalam Lomba Tingkat Kabupaten

- 9 Agustus 2023, 20:24 WIB
Lomba Baleganjur tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Jembrana pada Rabu (9/8) di Panggung Terbuka Pura Jagatnatha.
Lomba Baleganjur tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Jembrana pada Rabu (9/8) di Panggung Terbuka Pura Jagatnatha. /Dok Humas Jembrana
RINGTIMES BALI - Menyambut HUT Kota Negara ke-128 dan HUT Republik Indonesia ke-78 Pemerintah Kabupaten Jembrana kembali menggelar Lomba Baleganjur tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Jembrana pada Rabu (9/8) di Panggung Terbuka Pura Jagatnatha.
 
Ajang yang disaksikan langsung Bupati Jembrana, I Nengah Tamba didampingi Sekda Kabupaten Jembrana I Made Budiasa, ini salah satu upaya pelestarian seni budaya Bali.
 
Lomba tahun ini diikuti 23 sekaa (kelompok) baleganjur perwakilan dari sekolah se-Jembrana mengikuti lomba yang terdiri dari  18 kelompok perwakilan tingkat SMP Negeri dan 5 kelompok perwakilan di tingkat SD Negeri.
 
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) kabupaten Jembrana Anak Agung Komang Sapta Negara menjelaskan.
 
Lomba tingkat kabupaten ini tahapan lanjutan setelah  sebelumnya sudah dilaksanakan lomba gong kebyar di masing-masing kecamatan.
 
“Untuk di tingkat SD kami ambil di masing-masing kecamatan satu  SD, sedangkan untuk di tingkat SMP kita libatkan semua SMP di Jembrana," terangnya.
 
 
Ia berharap melalui perlombaan ini mampu sebagai ajang  pelestarian budaya dan menguatkan nilai budaya.
 
"Bagaimana melestarikan seni budaya yang ada di masing-masing masyarakat, terutamanya  baleganjur ini penggemar nya banyak sekali. Tingkat anak-anak ini mereka sudah punya keterampilan untuk seni baleganjur ini.  Maka dari itu, kita mengambil dari tingkat SDnya,” terangnya.
 
Sapta juga berharap, kedepan regenerasi berikutnya bisa menghargai dan mempertahankan seni dan budaya yang sudah ada sejak dahulu. 
 
“Kedepan tentunya bagaimana regenerasi  dari sejak dini bagaimana pun mereka secara langsung menghargai seni budaya. Dengan mencantai seni budaya itu bisa dipertahankan untuk generasi berikutnya, ” tandasnya.***

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah