Ny. Sagung Antari Jaya Negara Ajak Siswa SD 5 Saraswati Wisata Literasi di Hutan Mangrove Batu Lumbang

- 15 Juni 2023, 22:22 WIB
Ny. Sagung Antari Jaya Negara Ajak Siswa SD 5 Saraswati Wisata Literasi di Hutan Mangrove Batu Lumbang
Ny. Sagung Antari Jaya Negara Ajak Siswa SD 5 Saraswati Wisata Literasi di Hutan Mangrove Batu Lumbang /Dok Humas Denpasar

RINGTIMES BALI - Dalam rangka mengisi libur sekolah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar bekerja sama dengan Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, melaksanakan kegiatan wisata literasi yang melibatkan anak-anak SD 5 Saraswati Kamis (15/6). 

Destinasi wisata literasi kali ini adalah Hutan Mangrove Batu Lumbang yang terletak di Desa Pemogan, Kecamatan Denpasar Selatan.

Dalam perjalanan menuju Hutan Mangrove Batu Lumbang, Bunda Literasi Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara dan anak-anak SD 5 Saraswati menggunakan bus sekolah.

Rasa antusiasme dan keceriaan terpancar dari wajah anak-anak saat mereka tiba di lokasi wisata literasi.

Sesampai di Hutan Mangrove Batu Lumbang, Ny. Antari Jaya Negara mengajak anak-anak untuk menelusuri hutan mangrove sambil belajar mengenal lingkungan sekitar.

Dalam kegiatan ini, Bunda Literasi memberikan penekanan tentang pentingnya menjaga hutan mangrove sebagai bagian dari upaya menjaga ekosistem sungai yang ada di sekitar wilayah tersebut.

"Anak-anak, kebetulan kita kan mau wisata literasi ke hutan mangrove, selain menjaga hutan mangrove, menyebar benih ikan ini juga penting lho untuk menjaga ekosistem sungai. Kita sebar benih ikan dulu yuk," ujar Bunda Literasi Ny. Sagung Antari Jaya Negara sambil memberikan arahan kepada anak-anak.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Kelompok KUB Segara Guna Batu Lumbang, Wayan Kona Antara, turut memberikan penjelasan tentang luas hutang mangrove dan 55  jenis mangrove  serta manfaat ekonomi untuk kehidupan.

Selain itu dalam kegiatan ini Kona juga menjelaskan pentingnya mangrove dalam menjaga keseimbangan ekosistem.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x