Pertama Kali Pasca Perang Rusia Ukraina, Presiden China XI Jinping akan Kunjungi Moskow

- 18 Maret 2023, 15:49 WIB
Presiden China Xi Jinping akan pergi ke Moskow untuk memenuhi undangan Presiden Rusia Vladimir Putin.
Presiden China Xi Jinping akan pergi ke Moskow untuk memenuhi undangan Presiden Rusia Vladimir Putin. /Instagram/@xijinpingofficialcn/

RINGTIMES BALI – Presiden China Xi Jinping akan melakukan kunjungan ke Ibu Kota Rusia, Moskow pada 20 hingga 22 Maret. Kunjungannya tersebut untuk bertemu dengan Vladimir Putin.

Xi Jinping pertama kali mengunjungi Moskow pasca perang Rusia dengan Ukraina. Hal itu dilakukan saat China menawarkan menengahi perdamaian di Ukraina sebagai upaya yang ditanggapi skeptis oleh pihak Barat, mengingat dukungan diplomatik Beijing adalah untuk Rusia.

"Selama pembicaraan, mereka akan membahas isu-isu topikal tentang pengembangan lebih lanjut hubungan kemitraan komprehensif dan kerja sama strategis antara Rusia dan China," kata Kremlin.

Baca Juga: Kontroversi Willow Project, Proyek Pengeboran Minyak di Alaska

China dan Rusia telah mencapai Kerjasama tanpa batas pada Februari 2022, ketika Putin mengunjungi Beijing untuk pembukaan Olimpiade Musim Dingin, beberapa minggu sebelum Rusia menginvasi Ukraina.

Sejak saat itu Rusia dan China terus menegaskan kembali kekuatan ikatan kerjasama antar dua negara tersebut. 

Seperti perdagangan antara kedua negara melonjak sejak invasi Rusia ke Ukraina, dan China adalah pembeli minyak terbesar Rusia, yang menjadi sumber pendapatan utama Moskow.

Baca Juga: Sistem Pembayaran Nontunai Transportasi di Seoul, Korea Selatan Dapat Kritikan Publik

Namun kementerian luar negeri Beijing tidak mengkonfirmasi apakah Xi juga berencana untuk mengadakan pembicaraan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, saat konferensi pers rutin pada hari Jumat kemarin.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha

Sumber: Channel News Asia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x