Belanda Ingin Promosikan Sepeda Sebagai Alat Transportasi Efisien dan Berkelanjutan

- 3 Juni 2023, 19:13 WIB
Hari Sepeda Sedunia 3 Juni
Hari Sepeda Sedunia 3 Juni /u_d7hddm5o/Pixabay

RINGTIMES BALI- Kedutaan Besar Belanda di Jakarta menyampaikan bahwa Pemerintah Belanda Ingin berkolaborasi dengan Indonesia, guna mempromosikan sepeda sebagai alat transportasi yang berkelanjutan dan juga efisien.

Kedubes Belanda mengatakan bahwa melalui langkah prioritas dan juga promosi sepeda sebagai alat transportasi yang efisien dan berkelanjutan, Belanda sukses mengurangi polusi udara, meningkatkan kualitas udara, hingga mengurangi kemacetan.

Hal tersebut disampaikan Kedubes Belanda saat menyelenggarakan Hari Sepeda Dunia (World Bicycle Day) Sabtu, 3 Juni 2023.

Sepeda merupakan alat transportasi populer di Belanda, sehingga tak heran jika negara dengan pemakai sepeda terbanyak di dunia adalah Belanda.

Lebih lanjut dijelaskan Kedubes Belanda bahwa, warganya menggunakan sepeda untuk pergi ke kantor dan ke sekolah setiap harinya. Selain itu, tak hanya masyarakat yang menggunakan sepeda, melainkan raja dan perdana menteri pun aktif dalam menggunakan sepeda.

Selain itu, Kedubes Belanda menyebutkan bahwa dengan bersepeda, kita sudah berkontribusi dalam membangun lingkungan yang layak huni dan berkelanjutan, mengingat meningkatnya kualitas udara bersih sebagai faktor penunjang.

Dampak lain yang ditimbulkan dari memilih sepeda sebagai alat transportasi utama di Belanda, yakni berkurangnya kemacetan, akibat jumlah mobil di jalan yang semakin berkurang, mengikuti berkurangnya karbon dioksida dan nitrogen oksida.

“Sebagai hasilnya, bersepeda membantu meningkatkan kualitas udara, mengurangi level polusi, dan mengurangi dampak negatif kesehatan terhadap masyarakat,” ucap Kedubes Belanda, dikutip dari Antara, Sabtu 3 Juni 2023.

Selain untuk lingkungan, kebiasaan bersepeda juga baik untuk kesehatan jantung, penurunan risiko obesitas, meningkatkan kebugaran, sehingga masyarakat bisa menjadi lebih sehat.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x