Jumlah Koperasi di Kabupaten Klungkung Masih Minim dari Daerah Lain, Dinas Ingin Pengurus Lakukan Ini

- 14 Maret 2023, 17:57 WIB
Kabid Lembaga Koperasi pada Dinas Koperasi Kabupaten Klungkung, Kadek Mastini.
Kabid Lembaga Koperasi pada Dinas Koperasi Kabupaten Klungkung, Kadek Mastini. /RINGTIMES BALI/I Gede Sarjana

 

RINGTIMES BALI - Jumlah Koperasi yang merupakan lembaga keuangan yang berasaskan kekeluargaan di Kabupaten Klungkung yang terdiri dari 4 Kecamatan masih cukup minim.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Koperasi Kabupaten Klungkung hingga sampai bulan Maret 2023 ini tercatat ada 157 Koperasi yang ada.

Kabid Lembaga Koperasi pada Dinas Koperasi Kabupaten Klungkung, Kadek Mastini saat dikonfirmasi mengatakan dari 157 Koperasi yang ada itu masih dikurangi 30 Koperasi tidak aktif.

"Jadi total Koperasi yang aktif berjumlah 127 yang tersebar di 4 Kecamatan yang ada di Kabupaten Klungkung," ucapnya, Selasa, 14 Maret 2023.

Baca Juga: Koperasi di Buleleng Buktikan Masih Dapat Bersaing Meski Ditengah Pandemi

Jumlah 127 buah Koperasi yang aktif tersebut tersebar di 4 Kecamatan yang ada di Kabupaten Klungkung hingga saat ini.

"Untuk Kecamatan Banjarangkan ada 21 Koperasi, Dawan ada 25 Koperasi, Nusa Penida ada 17 Koperasi dan Kecamatan Dawan 64 Koperasi," rinci Mastini.

Lanjutnya, Koperasi dikatakan tidak aktif karena dalam pelaksanaan kegiatannya tidak melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) berturut turut hingga 3 Kali di samping juga tidak menjalankan usahanya.

RAT merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap koperasi, karena merupakan wujud pertanggungjawaban pengurus dan pengawas kepada anggota atas kinerjanya.

Halaman:

Editor: Mahatmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x