Guna Tingkatkan Ekonomi Buleleng, PLT Karuna Minta Masyarakat Belanja UMKM Lokal

- 3 Maret 2023, 11:00 WIB
Pelaksana Tugas (PLT) Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Buleleng, Putu Karuna meminta masyarakat  agar belanja pada UMKN lokal guna meningkatkan ekonomi pada Apel Krida di Taman Kota Singaraja.
Pelaksana Tugas (PLT) Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Buleleng, Putu Karuna meminta masyarakat agar belanja pada UMKN lokal guna meningkatkan ekonomi pada Apel Krida di Taman Kota Singaraja. /bulelengkab.go.id

RINGTIMES BALI - Dalam acara Apel Krida di Taman Kota Singaraja, Jumat, 3 Maret 2023, Pelaksana Tugas (PLT) Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Buleleng, Putu Karuna meminta masyarakat agar belanja pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal guna meningkatkan ekonomi Buleleng. 

Karuna mengatakan hal itu untuk memberi dampak pada perputaran ekonomi di Buleleng dan diharapkan dapat merealisasikan belanja barang dan jasa kepada UMKM Buleleng.

Baca Juga: Prediksi Cuaca Sabtu, 4 Maret 2023 di Wilayah Negara, Jembrana

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Usaha mikro kecil menengah adalah istilah umum dalam dunia ekonomi yang merujuk kepada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-undang No. 20 tahun 2008.

UMKM dapat berarti bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil. Penggolongan UMKM didasarkan batasan omzet pendapatan per tahun, jumlah kekayaan aset, serta jumlah pegawai.

Baca Juga: Lima Makanan Khas Daerah dari Berbagai Kecamatan di Buleleng

Sedangkan yang tidak masuk kategori UMKM atau masuk dalam hitungan usaha besar, yaitu usaha ekonomi produktif yang dijalankan oleh badan usaha dengan total kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan lebih besar dari usaha menengah.

Karuna juga menegaskan bahwasannya bulan ini pada triwulan 1 akhir, tahun 2023 agar segera mengeksekusi belanja barang maupun jasa agar realisasi belanja meningkat.

"Berbelanjalah pada UMKM lokal, sehingga uang yang kita belanjakan tidak keluar dan ekonomi daerah bergeliat," ujarnya, dikutip dari laman resmi Pemkab Buleleng, Jumat, 3 Maret 2023.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x