Orang Tua Wajib Simak, Peran Keluarga dalam Bentuk Karakter Anak Menurut Pakar Pendidikan

- 27 Februari 2023, 15:48 WIB
Orang tua wajib simak, peran keluarga dalam bentuk karakter anak menurut pakar pendidikan
Orang tua wajib simak, peran keluarga dalam bentuk karakter anak menurut pakar pendidikan /Antara

RINTIMES BALI- Pakar Pendidikan Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Agus Sartono, mengatakan bahwa orang tua mempunyai peran yang sangat besar dalam pembentukan karakter anak yang berintegritas dan berakhlak mulia.

Ia mengatakan bahwa rumah atau keluarga harus menjadi sekolah pertama dan utama bagi anak-anak. Pendidikan karakter dan kepribadian tersebut, harus dibangun sejak dini, sehingga peran orang tua dalam mendidik dan membangun pribadi anak sangat dibutuhkan.

“Orang tua berperan besar dalam pembentukan karakter anak, dengan demikian rumah atau keluarga harus menjadi sekolah utama dan pertama bagi anak,” ungkap Pakar Pendidikan UGM itu, dilansir dari Antara, Sabtu, 25 Februari 2023.

Baca Juga: Flu Burung Serang Peternakan di Kalimantan Selatan, Kemenkes RI Minta Masyarakat Waspada

Ia menambahkan bahwa upaya pembentukan karakter anak sejak dini, dilakukan dengan pemberian pola asuh yang tepat, agar nantinya anak bisa tumbuh menjadi manusia yang berkarakter baik, memiliki jiwa sosial, beriman, dan bertakwa.

“Orang tua perlu memberikan pola asuh yang tepat agar anak tumbuh menjadi manusia yang berkarakter baik, memiliki jiwa sosial yang tinggi, beriman, dan juga bertakwa,” ujar Agus Sartono.

Selain orang tua, Agus juga menambahkan bahwa sekolah atau madrasah juga punya peran penting dalam membantu anak membangun karakter. Bahkan kelompok bermain atau PAUD perlu terlibat aktif dalam mendukung pembentukan karakter anak sejak dini.

Baca Juga: Penyebab Mahasiswa Unsoed Meninggal Dunia di Gunung Slamet

“Bahkan ini dapat dimulai sejak kelompok bermain atau PAUD. Tahap ini sangat krusial dalam membentuk karakter anak. Untuk mendukung pembentukan karakter anak di sekolah atau madrasah, guru memiliki peran yang sangat sentral,” ujar Agus Sartono.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha

Sumber: Antara Bali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x