Flu Burung Serang Peternakan di Kalimantan Selatan, Kemenkes RI Minta Masyarakat Waspada

- 27 Februari 2023, 13:56 WIB
Ilustrasi - Petugas di pintu masuk negara melakukan skrining suhu tubuh pelaku perjalanan untuk mengantisipasi Importasi penyakit menular. (ANTARA/HO-Kemenkes).
Ilustrasi - Petugas di pintu masuk negara melakukan skrining suhu tubuh pelaku perjalanan untuk mengantisipasi Importasi penyakit menular. (ANTARA/HO-Kemenkes). /

RINGTIMES BALI - Flu Burung Clade Baru 2.3.4.4b, ditemukan di Kalimantan Selatan usai menyerang salah satu peternakan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) telah menerbitkan surat edaran dan meminta masyarakat waspada atas kecenderungan infeksi ke manusia.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI Maxi Rein Rondonuwu, mengungkapkan bahwa meski risiko infeksi pada manusia masih terbilang rendah.

Baca Juga: Setda Badung Ungkap Stok Bahan Pokok Cukup untuk Nyepi dan Puasa, Masyarakat Tak Perlu Panik

Tetapi pemerintah telah meningkatkan kewaspadaan dini, mengingat adanya mutasi virus yang bersifat zoonosis berlangsung cepat dan konsisten pada mamalia.  

“Saat ini memang belum ada laporan penularan ke manusia, tapi kami tetap harus waspada,” Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, dilansir dari Antara news, Senin, 27 Februari 2023.

Surat edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dengan Nomor PV.03.01/C/824/2023 tentang Kewaspadaan Kejadian Luar Biasa Flu Burung (H5N1) Clade Baru 2.3.4.4b, yang ditetapkan pada 24 Februari 2023.

Baca Juga: Perindo Bali Tanggapi Bubarnya Fraksi Demokrat-Perindo DPRD Buleleng

Isi surat tersebut meminta Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di seluruh Indonesia untuk bekerja sama dan melakukan koordinasi dengan instansi yang membidangi kesehatan hewan dalam upaya pencegahan dan pengendalian flu burung pada manusia.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla

Sumber: Antara Bali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x