Situasi Flu Burung H5N1 Mengkhawatirkan, WHO Kerja Sama dengan Kamboja

- 25 Februari 2023, 13:30 WIB
Ilustrasi. Kasus flu burung H5N1 di Kamboja yang saat ini berstatus mengkhawatirkan.
Ilustrasi. Kasus flu burung H5N1 di Kamboja yang saat ini berstatus mengkhawatirkan. /Reuters/China Daily

RINGTIMES BALI - World Health Organization (WHO) bekerja sama dengan pihak berwenang Kamboja setelah dua kasus flu burung H5N1 yang dikonfirmasi ditemukan pada satu keluarga di negara tersebut.

Situasi di negara Kamboja berstatus mengkhawatirkan, karena peningkatan kasus flu burung H5N1 pada burung dan mamalia baru-baru ini.

“WHO sedang meninjau penilaian risiko globalnya sehubungan dengan perkembangan terakhir,” kata Dr Sylvie Briand, Direktur Kesiapsiagaan dan Pencegahan Epidemi Pandemi Kamboja, dikutip dari Channel News Asia, Sabtu, 24 Februari 2023.

Otoritas Kamboja pada Kamis, 23 Februari 2023 melaporkan kematian seorang gadis berusia 11 tahun karena flu burung  H5N1 dan mulai menguji 12 kontaknya. Ayahnya, yang menunjukkan gejala, juga dinyatakan positif terkena virus.

Baca Juga: Satu Tahun Rusia Invansi Ukraina, China Serukan Dimulainya Perdamaian dan Penyelesaian Krisis

"Situasi global H5N1 mengkhawatirkan, mengingat meluasnya penyebaran virus pada burung di seluruh dunia dan meningkatnya laporan kasus pada mamalia termasuk manusia," kata Briand.

"WHO mengambil risiko dari virus ini dengan serius dan mendesak kewaspadaan tinggi dari semua negara," sambungnya.

Briand menambahkan, belum jelas apakah ada penularan dari manusia ke manusia, yang merupakan alasan utama untuk fokus pada kasus di Kamboja.

Atau jika kedua kasus tersebut disebabkan oleh kondisi lingkungan yang sama, yang mengakibatkan kemungkinan kontak dekat dengan unggas yang terinfeksi atau hewan lain.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha

Sumber: Channelnewsasia.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x