Maret 2023, Korea Selatan Akan Cabut Syarat Tes PCR pada Kedatangan dari China

- 23 Februari 2023, 19:16 WIB
Korea Selatan akan mencabut syarat tes PCR pada kedatangan dari China pada Maret 2023.
Korea Selatan akan mencabut syarat tes PCR pada kedatangan dari China pada Maret 2023. /Kim Sung-ho/koreatimes.co.kr

RINGTIMES BALI - Korea Selatan akan mencabut tes PCR pasca kedatangan wajib pada pelancong yang memasuki Korea dari Tiongkok mulai 1 Maret, karena situasi Covid-19 tetap stabil di kedua negara dalam beberapa pekan terakhir. 

Pemerintahan Korea Selatan juga memutuskan untuk mencabut aturan yang membatasi semua penerbangan yang datang dari China hanya mendarat di Bandara Internasional Incheon. 

Pihak berwenang mengatakan, bagaimanapun, bahwa persyaratan tes pra-kedatangan dan unggahan Q-code yang harus diserahkan oleh pengunjung yang memasuki negara dari China akan tetap berlaku hingga 10 Maret untuk memantau dampak dari pelonggaran pembatasan.

Baca Juga: Terjadi Inflasi, Pengangguran Perburuk Kesulitan Ekonomi di Korea

Gelombang infeksi Covid-19 China dan situasi virus telah memasuki fase stabilisasi, pemerintah secara bertahap mencabut langkah-langkah ini, dimulai dengan dimulainya kembali penerbitan visa jangka pendek untuk pengunjung China pada 11 Februari.

Pemerintah juga mencabut pembatasan pada meningkatkan jumlah penerbangan antara Korea dan China pada 17 Februari. Sebagai imbalannya, China kembali mengeluarkan visa jangka pendek untuk warga Korea pada 18 Februari. 

"Kami menilai tingkat risiko situasi pandemi di China tidak tinggi," kata seorang pejabat Korea Disease Control and Prevention Agency (KDCA), dikutip dari koreatimes.co.kr, Kamis, 23 Februari 2023.

Baca Juga: Inggris di Tengah Badai Strikes Out, Ekonomi Lumpuh?

Data KDCA menunjukkan bahwa jumlah kasus Covid-19 yang terkonfirmasi di China telah menurun secara signifikan dari lebih dari 40 juta pada minggu keempat bulan Desember menjadi 149.000 pada minggu kedua bulan Februari.

Jumlah kematian di negara itu juga turun dari 12.000 pada minggu kelima Desember menjadi 1.000 pada minggu kedua Februari. Rasio pasien yang terinfeksi di antara pelancong yang datang dari Tiongkok terus turun selama enam minggu berturut-turut dan mencapai 0,6 persen pada minggu ketiga Februari. 

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha

Sumber: koreatimes.co.kr


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x