Menteri Ukraina Viktor Liashko Sebut Rusia Negara Teroris

- 24 Februari 2023, 11:56 WIB
Ilustrasi. Menteri Ukraina Viktor Liashko mengatakan serangan kesehatan Rusia membuktikan itu negara teroris.
Ilustrasi. Menteri Ukraina Viktor Liashko mengatakan serangan kesehatan Rusia membuktikan itu negara teroris. /Pete Linforth/Pixabay/

RINGTIMES BALI - Dalam sebuah wawancara yang sangat di bentengi, pada Kamis, 23 Februari 2023. Menteri Ukraina Viktor Liashko mengatakan serangan kesehatan Rusia membuktikan itu Negara Teroris. 

Dalam wawancara tersebut Liashko menyerukan dukungan berkelanjutan dalam mempersenjatai Ukraina, sehingga dapat melindungi rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya.

Liashko mengatakan 106 pekerja medis telah terbunuh sejak Rusia melancarkan invasinya pada 24 Februari 2022, dan 174 bangunan perawatan kesehatan hancur total.

"Di bawah Konvensi Jenewa, fasilitas medis dilindungi oleh hukum internasional, dan jika suatu negara tidak mematuhi aturan itu, itu adalah negara teroris dan harus diakui sebagai satu," ujarnya, dikutip dari BBC, Jumat, 24 Februari 2023.

Baca Juga: Krisis Perawatan Kesehatan Anak, Korea Selatan Umumkan Tindakan Darurat

Merujuk kepada petugas medis yang telah terbunuh, Liashko mengatakan bahwa, tidak ada kompesasi atas hilangnya nyawa manusia ini.

"Ini adalah ayah, atau suami, atau istri seseorang. Ini adalah tragedi bagi keluarga yang disebabkan oleh Rusia, dan untuk apa?" ujarnya.

Dalam wawancara tersebut Liashko menambahkan bahwa “jutaan orang Ukraina” telah menderita secara psikologis sebagai akibat dari perang ini.

Hampir dua tahun invasi Rusia ke Ukraina berlangsung. Namun hingga kini belum ada tanda-tanda Rusia ingin mengakhiri agresi dan berdamai dengan Ukraina. 

Baca Juga: Maret 2023, Korea Selatan Akan Cabut Syarat Tes PCR pada Kedatangan dari China

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x