Politik Gempa: Akankah Karir Politik Erdogan Tergelincir?

- 17 Februari 2023, 08:36 WIB
Erdogan dan gempa Turki, apakah ini akhir dari karir politik Erdogan?
Erdogan dan gempa Turki, apakah ini akhir dari karir politik Erdogan? /Abdul Munim/Adem Altan/AFP/Getty Images

RINGTIMES BALI - Gempa 7,8 SR yang menerpa Turki, Suriah, Lebanon, Siprus, dan negara-negara lain pada 6 Februari, tentu menimbulkan pemikiran lain. Turki lebih menderita, apakah Erdogan tergoyahkan? 

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan gempa bumi pekan lalu sebagai bencana paling mematikan sejak berdirinya negara tersebut seabad yang lalu.

Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang dipimpin Erdogan berkuasa setelah gempa bumi tahun 1999 yang menewaskan lebih dari 17.000 orang dan membuat banyak orang mengungsi.

Pemerintahan baru ini menjanjikan perubahan total, menjanjikan bahwa Turki akan kuat dan siap menghadapi gempa berikutnya. Akan tetapi, hal ini masih jauh dari yang dibayangkan.

Baca Juga: PBB Sumbang 1 Milyar USD untuk Pemulihan Turki

Bencana gempa besar minggu lalu memperlihatkan runtuhnya kemampuan respon Pemerintah terhadap peristiwa alam sebesar ini.

Opini publik berkembang liar dan banyak suara kontra pemerintah. Menginga semua suara yang terpendam, ada saatnya keluar jadi satu suara besar yang berkekuatan tetap.

Oposisi sibuk menciptakan opini dan pemikiran untuk menyerang Pemerintah saat ini, Erdogan terutama. Suara kontra negatif diarahkan ke Erdogan dan sepertinya semakin besar tekanan ke Erdogan.

Dengan kecanggihan media sosial, semua pertentangan, suara ambigu, kontra negatif, dan aliran berat semuanya tersebar. Lama-lama dipahami jadi satu paket ilmu baru. 

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x