Cyclon Tropis Gabrielle Melibas Kawasan Utara Selandia Baru, Lebih dari 5 Warga Meninggal

- 17 Februari 2023, 07:39 WIB
Badai Cyclon Tropis Gabrielle terjang Selandia Baru, ribuan warga mengungsi.
Badai Cyclon Tropis Gabrielle terjang Selandia Baru, ribuan warga mengungsi. /Abdul Munim/New Zealand Defence Force/Handout via REUTERS

RINGTIMES BALI - Selandia Baru diterpa Badai Cyclon Tropis Gabrielle yang menyebabkan ribuan orang mengungsi dan dikabarkan 5 orang tewas. 

Warga di Selandia Baru awalnya merasakan hujan setinggi 20 cm dan gelombang pasang setinggi 11 meter (36 kaki). Ini hanya dalam 24 jam pertama Badai Cyclon Tropis Gabrielle menerpa.

Beberapa kota di Selandia Baru sudah tergenang air akibat curah hujan akibat Badai Cyclon Tropis Gabrielle yang mencapai rekor dua minggu yang lalu.

Pihak berwenang Selandia Baru pada hari Kamis mengkonfirmasi ulang bahwa orang kelima telah meninggal. Dampak dari badai tropis ini menerpa lebih dari 30 distrik. 

Ribuan orang mengungsi akibat banjir, kerusakan jalan, kesulitan bahan pokok, dan berbagai kesulitan.

Baca Juga: Korban Gempa Turki Selamat Setelah Berhasil Dievakuasi di Provinsi Antakya

Pemerintah dikatakan mengkhawatirkan wilayah Hawke's Bay yang penuh dengan lahan pertanian, pegunungan terjal dan kota-kota yang terpencil.

Sekitar 140.000 orang masih belum mendapatkan aliran listrik, meskipun aliran listrik perlahan-lahan mulai pulih di wilayah North Island.

Sekitar 300 orang diselamatkan oleh personil militer dengan menggunakan helikopter, dari atap-atap rumah dan bangunan. Pemerintah, pada hari Selasa, mengumumkan keadaan darurat, yang ketiga kalinya dalam sejarah negara ini.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x