Indonesia Kirim Misi Kemanusiaan ke Salah Satu Provinsi di Turki

- 13 Februari 2023, 07:45 WIB
moment persiapan akhir pesawat Hercules C-130
moment persiapan akhir pesawat Hercules C-130 /twitter/@kemenlu_RI/

RINGTIMES BALI - Sehari setelah terjadinya gempa di Turki, KBRI mendapat kehormatan kepercayaan dari Kedutaan Besar Republik Turkey, untuk mendukung operasi bantuan bencana yang sedang berlangsung di wilayah yang terkena dampak gempa Turkey. 

Selanjutnya KBRI mengumpulkan kemungkinan bantuan yang dapat diberikan oleh pihak Indonesia, otoritas Turkey telah mengidentifikasi area permintaan bantuan. 

Setelah melakukan kordinasi dengan pemimpin AFAD, akhirnya tim misi kemanusiaan dari Indonesia akan beroperasi di provinsi Antakya, karena kepadatan penduduknya diyakini banyak korban meninggal dan luka berat disana. 

Baca Juga: Jerman Menawarkan Visa Sementara Bagi Korban Gempa Turki dan Suriah

Misi kemanusiaan yang dikirim oleh Pemerintah Indonesia untuk membantu penanganan pasca gempa bumi di Turki, Antakya sebuah kota tua dan padat penduduk di wilayah tenggara Turki. yang menjadi tempat operasi. 

“Ini sebuah kepercayaan. Atas arahan Menlu RI di hari pertama gempa, Tim KBRI sudah berada di empat daerah paling terdampak di hari kedua gempa, sebelum ada satu pun perwakilan asing yang ke daerah-daerah tersebut,” kata Igbal dalam keterangan yang dikutip dari Twitter @IndonesiaAnkara pada 13 Februari 2023.

“Selain mengevakuasi WNI, kami juga membuat penilaian di lapangan untuk mengidentifikasi daerah yang paling terdampak dan akan menjadi target Misi Kemanusiaan Indonesia,” tutur Igbal, melanjutkan. 

Baca Juga: Bantuan Suriah Terhambat Oleh Perang Saudara, Turki Memulai Tindakan Hukum

KBRI Ankara akan menyiapkan dukungan teknis dan perijinan bantuan kemanusiaan dan dukungan bagi tim selama bertugas di Provinsi Antakya. 

Misi kemanusiaan dari Indonesia akan dikoordinasikan oleh BASARNAS dan BNPB, dengan dukungan Kementerian Luar Negeri RI.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x