Dinkes Denpasar Gencarkan Eliminasi AIDS dan TBC 2030

- 8 Februari 2023, 16:57 WIB
Dinkes Denpasar Gencarkan Eliminasi AIDS dan TBC 2030.
Dinkes Denpasar Gencarkan Eliminasi AIDS dan TBC 2030. /Ni Made Ari Rismaya Dewi/Ringtimes Bali

RINGTIMES BALI - Dinas Kesehatam (Dinkes) Kota Denpasar gelar Forum Kemitraan AIDS, Tuberkulosis, dan Malaria (ATM) pada Rabu, 8 Februari 2023 di Graha Sewaka Dharma, Denpasar.

Dalam forum tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Denpasar dr. Anak Agung Ayu Agung Candrawati, M.Kes ungkap bahwa ATM, khususnya AIDS dan TBC, masih menjadi PR bagi Kota Denpasar.

"(Forum ini) upaya kita bersama berkolaborasi dengan unsur masyarakat, agar tercapai eliminasi HIV/AIDS dan TBC di tahun 2030. Eliminasi itu maksudnya bukan tidak ada kasus, tapi tidak ada penambahan kasus baru," ujarnya.

Eliminasi ATM di Kota Denpasar

Ilustrasi TBC.
Ilustrasi TBC.

Eliminasi ATM menjadi penting dengan estimasi Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) tahun 2021 di Denpasar mencapai 11.876, serta Orang dengan HIV (ODHIV) hingga tahun 2022 mencapai 14.712 orang.

Kasus TBC di Denpasar selama 2022 tercatat sebanyak 4.433. Angka ini menempati estimasi kasus tertinggi di Bali, sementara terkait malaria, Kota Denpasar sudah mencapai eleminasi malaria sejak tahun 2014 dan saat ini dalam proses pemeliharaan.

Baca Juga: Polsek Denut Santuni Korban Rumah Roboh di Denpasar

Upaya eliminasi ini dilakukan dengan kolaborasi bersama berbagai unsur mulai dari lingkup desa, terkait dengan penganggaran dan pelaksanaan programnya, terkait dengan anggaran, Dinkes Denpasar di tahun 2023 memiliki anggaran sebesar Rp4 miliar. Angka ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang berjumlah Rp 3 miliar.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x