Dukung Ekspor Petani, Kadin Jatim Kenalkan Kopi Malang ke Dubes Uni Eropa

- 2 Februari 2023, 16:02 WIB
 Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunai Darussalam Vincen Piket, dan Wakil Ketua Umum Kadin Jatim Bidang Pertanian dan Pangan Edi Purwanto, pada saat mencicipi kopi, di Malang, Jawa Timur, Rabu (1/2/2023).
Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunai Darussalam Vincen Piket, dan Wakil Ketua Umum Kadin Jatim Bidang Pertanian dan Pangan Edi Purwanto, pada saat mencicipi kopi, di Malang, Jawa Timur, Rabu (1/2/2023). /ANTARA/HO-Kadin Jatim/

RINGTIMES BALI - Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur (Kadin Jatim) memperkenalkan kopi asal Malang kepada Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, Vincen Piket.

Edi Purwanto selaku Wakil Ketua Umum Kadin Jatim Bidang Pertanian dan Pangan Rabu kemarin mengatakan, langkah tersebut adalah untuk memperkenalkan komoditas asal Malang karena potensi yang cukup besar, mengingat konsumsi kopi untuk masyarakat di sejumlah Eropa terbilang cukup tinggi.

"Kadin ingin lebih memperkenalkan produk kopi Malang ke pasar Uni Eropa. Hal inilah yang mendasari kami untuk mengajak Duta Besar Uni Eropa mencicipi kenikmatan kopi khas Malang," kata Edi dikutip dari laman Antaranews pada Kamis 2 Januari 2023.

Baca Juga: Selain Rehabilitasi, BNN Denpasar Layani Pembuatan SKHPN

Pihaknya memberikan apresiasi atas kehadiran Dubes Uni Eropa di Malang terlebih untuk mempererat hubungan dan menguatkan kerja sama perdagangan, utamanya Malang yang diekspor ke Uni Eropa.

Kabupaten Malang sendiri merupakan penghasil kopi terbesar di Jawa Timur. Terhitung dari total luas lahan kopi di Jawa Timur yang mencapai 113.330 hektar, di Kabupaten Malang memiliki porsi hingga 28,1% lahan yang tersebar di 30 kecamatan.

Selain jenis kopi Amstirdam dan Dampit, saat ini, kopi hasil dari beberapa kecamatan lain di Kabupaten Malang, seperti Wonosari, Ngantang, Lawang, dan Singosari juga semakin diminati pasar.

Baca Juga: Rencana Penetapan Gunung Sebagai Kawasan Suci, Pemprov Bali Kaji Kembali Aturan Pendakian

Sementara ekspor kopi Jatim pada 2022 ke Uni Eropa mencapai 73,9 juta dolar Amerika Serikat dengan volume 19,2 ton. Namun, kinerja ekspor kopi dari Indonesia ke Uni Eropa dinilai masih lebih rendah dibandingkan negara Vietnam.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x