Luncurkan RAD Percepatan KBLBB di Bali, Targetkan 145 Ribu Kendaraan Listrik di Tahun 2026

- 26 Januari 2023, 15:27 WIB
Luncurkan RAD Percepatan KBLBB di Bali, Targetkan 145 Ribu Kendaraan Listrik di Tahun 2026.
Luncurkan RAD Percepatan KBLBB di Bali, Targetkan 145 Ribu Kendaraan Listrik di Tahun 2026. /Ni Made Ari Rismaya Dewi/Ringtimes Bali

RINGTIMES BALI - Pemerintah Provinsi Bali gelar peluncuran Rencana Aksi Daerah (RAD) Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Provinsi Bali Tahun 2022-2026 pada Kamis, 26 Januari 2023 di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Denpasar.

Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan terhadap Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Jalan dan Peraturan Gubernur Bali Nomor 48 Tahun 2019 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

Gubernur Provinsi Bali, I Wayan Koster ungkap peluncuran RAD Percepatan KBLBB menjadi langkah awal yang konkrit dalam menerapkan kebijakan energi bersih di Bali, khususnya di hilir.

Baca Juga: Kasus DBD di Denpasar Capai 1.096 Selama 2022, Dinkes Denpasar Dorong Partisipasi Masyarakat

"Ini adalah suatu kebijakan yang sesuai dengan kearifan lokal Bali dan itu sangat baik. Kalau ini bisa diwujudkan, maka kita bisa melakukan transformasi kehidupan di bidang penggunaan sarana transportasi, dan memberikan ekosistem sehat bagi semua unsur kehidupan" ujarnya.

Disebutkan RAD Percepatan KBLBB ini telah dimulai sejak tahun 2020 melalui program kerja sama dengan World Resources Institute (WRI) Indonesia, serta melibatkan akademisi, pelaku industri KBLBB, hingga komunitas dan masyarakat adat di Bali

RAD ini nantinya akan menjadi dokumen yang sangat penting untuk transisi kendaraan listrik di Bali.

Baca Juga: Disperindag Akan Gelar Peringatan Hari Arak Bali 2023 di Nusa Dua, Undang Stakeholder dari Hilir hingga Hulu

Adapun target yang dicanangkan pemerintah melalui RAD tersebut yaitu pengurangan enisi karbon sejumlah 41 ribu ton pada 2026.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x